5 Makanan Yang Wajib Dicoba Saat Mampir Di Jakarta

Image
Rey Rey
Kuliner | Wednesday, 15 Jun 2022, 09:15 WIB

Walaupun Jakarta dikenal sebagai Kota Metropolitan, tidak hanya hingar binger kehidupan glamor saja yang ada didalamnya. Sejarah berkata, sebelum kota ini bernama Jakarta, nama Batavia lebih familiar untuk memanggil Kota ini. Tetapi para penduduk pribumi memanggil kota ini dengan sebutan Betawi.

Banyak sekali kuliner khas Betawi yang selalu menjadi incaran para pendatang dari luar kota atau bahkan luar negri. Nah, berikut ini adalah 5 makanan yang wajib dicoba saat teman-teman mampir ke Jakarta, antara Lain:

1. Kerak Telor

Kerak telor adalah makanan khas Betawi paling legendaris yang dibuat dari bahan dasar beras ketan dan telur. Kemudian disajikan bersama serundeng sebagai topping di atasnya. Kerak telor dibuat di atas wajan dan menghasilkan rasa gurih yang menggugah selera. Kerak telor tak lepas dari kreativitas masyarakat Betawi dan menjadi jajanan tradisional yang sudah dinikmati sejak zaman kolonial Belanda dahulu

2. Soto Betawi

Soto adalah hidangan nusantara yang disukai oleh semua kalangan. Soto juga merupakan makanan khas Betawi yang memiliki keunikan sendiri. Soto Betawi terdiri dari kuah santan yang dipadukan dengan daging sapi dan jeroan yang memiliki cita rasa gurih yang khas. Menggunakan kari dan rempah-rempah yang menyegarkan. Bahan dan bumbu soto Betawi lainnya seperti tomat, seledri, dan kentang yang diolah menjadi perkedel. DItambah dengan taburan bawang goreng yang membuat semakin sedap rasanya.

3. Nasi Uduk

Nasi uduk merupakan makanan khas Betawi dari wilayah Jakarta, Indonesia. Nasi uduk dimasak dari bahan nasi putih yang diaron dan dikukus dengan bahan santan. Kemudian dipadukan dengan bumbu sedap pala, kayu manis, daun serai, daun pandan, cengkeh, merica, dan jahe. Nasi uduk memiliki tekstur nasi yang lembut dan aroma rempahnya harum. Nasi uduk disajikan bersama lauk yang lezat, mulai dari daging ayam, bihun, telur, teri goreng, sambal kacang, dan kerupuk.

4. Bubur Ase

Orang Betawi mungkin lebih mudah menemukan Bubur Cianjur, Bubur Cirebon atau Bubur Sukabumi dibanding bubur ase ini sendiri. Bubur memang cocok dijadikan menu sarapan. Perbedaan bubur ase dengan bubur lainnya adalah disajikan dengan asinan atau acar dan semur ayam yang menghasilkan perpaduan rasa unik! DItambah dengan tauge, tahu, dan kecap yang membuat kuahnya semakin nikmat. Bubur ase masih dapat ditemui di daerah Tanah Abang dan Kwitang.

5. Bir Pletok

Bagi orang Betawi kebanyakan, bir pletok adalah sejenis wine atau bir tanpa alkohol. Bisa dikatakan bir pletok ini adalah arak versi halal yang dibuat sejak zaman kolonial dahulu. Minuman ini wajib ada di pesta rakyat Betawi. Rasanya yang khas manis, pedas, dan hangat membuat minuman ini banyak digemari. Nama pletok sendiri diambil dari suara yang keluar saat tutup botol arak biasanya dibuka.

Temukan berbagai restoran khas Indonesia yang menyajikan berbagai hidangan kuliner Kota Betawi di Yummy Advisor. Karena Yummy Advisor memiliki banyak rekomendasi tempat makan yang menyediakan berbagai macam hidangan khas Betawi yang tentunya memiliki rasa lezat di setiap gigitan.

Tentang yummyadvisor

Yummyadvisor adalah situs web yang menyediakan informasi Restoran kepada pengguna. Pengguna dapat dengan mudah melihat informasi seperti gambar, menu, dan ulasan restoran. Di yummyadvisor, Anda dapat dengan mudah menemukan restoran di dekat Anda dan jenis restoran yang Anda butuhkan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kunjungi https://www.yummyadvisor.id/

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Semarak Kemerdekaan dan HDKD, Lapas Narkotika Muara Beliti Bergema

Image

Produk Premium Baru Mashae Skincare Launching di Sunmor UMP

Image

Perjalanan Jadi Lebih Nyaman Sampai Tujuan, Ikuti Tips Ini Yuk!

Image

BEM Nusantara Aceh Mensinyalir Ada Mafia di Tubuh Pemerintah Aceh dan DPRA

Image

UMP Terus Komitmen Dukung Internasionalisasi PTMA

Image

UKM Lingkar Seni UMP Kembali Raih Prestasi

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image