Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Tri Yuni Hendrawati

MAHASISWA MAGISTER TEKNIK KIMIA UMJ MENELITI COATING BUAH MANGGA UNTUK PENGAWETAN

Teknologi | Tuesday, 19 Oct 2021, 06:13 WIB
https://www.youtube.com/watch?v=RV_pA1wPUwQ" />
Wawancara Rusnia Junita Hakim di pod cast LPPM UMJ Channel pada https://www.youtube.com/watch?v=RV_pA1wPUwQ

 

RUSNIA JUNITA HAKIM dibimbing dosen pembimbing Dr. Ir. Ratri Ariatmi Nugrahani, MT dan Nurul Hidayati F,ST. M.Sc. PhD pada tahun 2020 memenangkan hibah Tesis Magister dari Kemenristek BRIN pada program studi Magister Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Rusnia juga merupakan lulusan terbaik pada wisuda UMJ pada tahun 2020.

Pengawetan buah mangga dengan coating

Tanaman buah merupakan salah satu komoditas pertanian yang banyak dibudidayakan. mangga mempunyai prospek dikembangkan sebagai komoditas ekspor. Salah satu kelemahan buah mangga untuk dipasarkan jarak jauh adalah masa simpan yang singkat bila disimpan pada suhu kamar. Usaha untuk mempertahankan mutu dan kesegaran buah adalah dengan melapisi buah dengan lilin alami (Beeswax). Salah satu komponen utama formula wax coating adalah emulsifier yang berfungsi sebagai agen pengemulsi untuk membentuk produk. Minyak nabati berpotensi untuk dijadikan sebagai sumber bahan baku pembuatan lecithin, salah satunya minyak dedak padi yang mengandung 1,0 – 2,0% gum phosphatida yang digunakan sebagai penghasil crude lecithin.

Tujuan penelitian ini adalah melakukan isolasi lecithin dari crude minyak dedak padi dan mengkarakterisasi, mencampurkan dengan lecithin kedelai dan mengkarakterisasi, mengetahui pengaruh konsentrasi emulsifier lecithin terhadap karakteristik beeswax coating dan susut bobot buah mangga serta mengetahui pengaruh waktu penyimpanan buah mangga terhadap susut bobot buah mangga.Variabel bebas pada penelitian ini meliputi konsentasi lecithin 0; 0,25; 0,5; 0,75; 1% serta waktu penyimpanan buah mangga 1, 2, 3, 4, 5 minggu, sedangkan variabel terikat pada penelitian ini meliputi pH, densitas (gr/ml), viskositas (mpas), susut bobot buah mangga(%).

Prosedur pada penelitian ini meliputi: isolasi crude minyak dedak padi dari dedak padi dengan proses maserasi, kemudian isolasi lecithin dari crude minyak dedak padi dengan menggunakan water degumming. Pencampuran lecithin dedak padi dan kedelai serta dianalisis karakteristiknya sebagai emulsifier; pembuatan beeswax coating dengan penggunaan emulsifier campuran lecithin dedak padi dan kedelai, analisis karakteristik beeswax coating dan analisis susut bobot buah mangga setelah di coating serta pendugaan umur simpan mangga menggunakan metode Accelerated Shelf-Life Testing (ASLT).

Hasil rendemen crude minyak dedak padi didapatkan 9.989%, kemudian hasil rendemen crude lecithin minyak dedak padi didapatkan 1.15% dengan analisa FTIR menunjukkan crude lecithin dedak padi terdapat fosfolipid, analisa karakteristik lecithin campuran (dedak padi:kedelai) 1:6, dengan hasil index creamy 19,04%, HLB 8,29. Hasil karakteristik beeswax coating (pH, densitas, viskositas) terhadap konsentrasi lecithin 0; 0,25; 0,5; 0,75; 1% adalah pH menunjukkan kecenderungan meningkat dengan nilai pH sebesar 7,98; 8,13; 8,18; 8,2 dan 8,22, densitas menunjukkan kecenderungan menurun dengan nilai densitas sebesar 0,98; 1,005; 1,01; 1,02; dan 1,022 gr/ml, viskositas sebesar 10, 15, 25, 25, dan 30 mpas. Susut bobot buah mangga terkecil pada kedua suhu selama 5 minggu adalah mangga yang dilapisi beeswax coating dengan konsentrasi emulsifier lecithin nabati 0,25% sebesar 7,25%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reaksi kinetika penurunan bobot pada buah mangga mengikuti reaksi ordo nol. Dugaan umur simpan dengan metode ASLT buah mangga yang dilapisi beeswax coating dengan konsentrasi emulsifier lecithin nabati 0,25% berdasarkan parameter perubahan bobot melalui pendekatan Arrhenius adalah 36,91 hari.

Penelitian ini sudah dipublikasikan pada Jurnal Internasional dan Semoga penelitian ini bermanfaat. Salam Sehat Manfaat dari Magister Teknik Kimia UMJ. http://magister-kimia.umj.ac.id.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image