Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Admin Ganteng

Cara Mengembalikan Kontak Yang Tereset Pabrik

Teknologi | Wednesday, 13 Oct 2021, 11:19 WIB

Kontak adalah aplikasi yang sangat penting karena menyimpan informasi nomor-nomor banyak orang. Kehilangan kontak bisa terjadi karena terhapus atau perangkat di reset pabrik. Terdapat beberapa cara mengembalikan kontak yang hilang karena di reset pabrik dapat dilakukan dengan mudah.

Perangkat yang ter reset pabrik akan kehilangan semua data seperti aplikasi, kontak, foto dan lain-lain. Kasus yang sering terjadi adalah hp mati secara tiba-tiba dan mengakibatkan semua file hilang. Berikut cara mengembalikan kontak yang tereset pabrik yang dikutip dari bidangtekno.com

Cara Mengembalikan Kontak Yang Tereset Pabrik

Menggunakan Aplikasi Google Contact

Aplikasi Google Contact adalah aplikasi pencadangan kontak yang ada di Hp. Penggunaan aplikasi ini sebagai cara mengembalikan kontak yang hilang karena di reset pabrik merupakan yang paling umum dilakukan. Aplikasi harus diunduh terlebih dahulu jika perangkat belum memiliki aplikasi ini.

Buka aplikasi kemudian ketuk ikon berupa garis tiga yang biasanya ada di bagian atas layar sebelah kanan. Pilih pengaturan, kemudian pilih opsi kembalikan perubahan. Perubahan yang dipilih berdasarkan waktu sebelum Hp di reset pabrik. Langkah terakhir yaitu pilih konfirmasi kemudian cek di perangkat apakah kontak sudah kembali seperti sedia kala.

Menggunakan Akun Gmail

Akun Gmail bukan hanya bisa mengirim atau menerima surel saja. Kontak yang ada di perangkat Hp bisa disimpan di akun Gmail yang dimiliki. Pastikan fitur sinkronisasi otomatis pada perangkat selalu aktif agar kontak yang ditambahkan otomatis di backup di akun Gmail. Cara ini membutuhkan perangkat komputer untuk memulihkan kontak.

Pengguna harus login terlebih dahulu di website Gmail kemudian pilih ikon Gmail dan masuk menu kontak. Menu dropdown akan muncul, pilih menu more. Langkah terakhir yaitu pilih pulihkan kontak dan tentukan waktu pemulihan seperti halnya pada Google Contact. Periksa di perangkat apakah kontak yang diinginkan sudah kembali.

Menggunakan Aplikasi Chatting

Aplikasi Whatsapp bisa digunakan untuk mencari kontak yang hilang akibat tereset pabrik. Cara ini bisa dilakukan jika nomor yang digunakan adalah nomor lama dan tergabung di grup. Pengguna hanya perlu login akun whatsapp dengan nomor lama dan membuka grup yang ada. Simpan kembali nomor-nomor penting yang ada di grup Whatsapp.

Aplikasi Line bahkan memiliki Fitur add otomatis jika ada seseorang yang memiliki nomor pengguna. Login di Aplikasi Gmail menggunakan nomor lama kemudian cek siapa saja yang berteman dengan akun line yang dimiliki. Simpan kembali kontak-kontak penting dari daftar teman di Line.

Menggunakan Google Drive

Google Drive adalah aplikasi pencadangan yang bisa dipakai untuk mencadangkan semua data yang berada di perangkat Hp maupun komputer. Aplikasi ini bisa dibuka melalui perangkat apapun yang terhubung dengan internet dengan akun dan password yang digunakan. Kontak yang bisa dipulihkan adalah kontak yang sudah dicadangkan terlebih dahulu sebelumnya.

Cara memulihkan kontak dari Google drive termasuk mudah. Tinggal login ke akun Google Drive dan cari folder yang digunakan untuk menyimpan informasi kontak. Pilih simpan kontak agar kontak tersimpan kembali di perangkat. Periksa perangkat untuk melihat apakah kontak sudah kembali ke perangkat atau belum.

Menggunakan Wondershare Dr.Fone For Android

Kontak yang terhapus permanen atau tereset pabrik bisa dipulihkan menggunakan aplikasi ini. Cukup download aplikasi pada perangkat komputer yang dimiliki. Perangkat yang ingin dipulihkan harus dihubungkan ke perangkat dalam mode USB Debugging agar bisa dijalankan di Komputer.

Aplikasi ini akan memindai kontak-kontak yang hilang pada perangkat setelah terhubung dan pilih ikon start. Klik Ikon sembuh untuk memindah kontak yang hilang pada komputer dan kemudian dipindah kembali ke HP.

Kontak yang hilang akan menyulitkan karena pengguna akan sulit menghubungi orang-orang penting yang dikenal. Cara diatas adalah cara mengembalikan kontak yang hilang karena di reset pabrik yang sering dilakukan. Pastikan selalu mencadangkan data yang ada di perangkat untuk mengatasi jika ada masalah pada perangkat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image