Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image rahman fathina

Cara Mengetahui Nomor WhatsApp Masih Aktif Atau Tidak

How To | Friday, 05 May 2023, 20:26 WIB

Seringkali, pengguna aplikasi WhatsApp bertanya-tanya bagaimana cara mengetahui nomor WhatsApp masih aktif atau tidak. Terkadang, sebagian pengguna memilih untuk mematikan last seen dan status online, sehingga orang lain tidak dapat melihat apakah nomor tersebut masih aktif digunakan di WhatsApp atau tidak. Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui apakah nomor tersebut masih aktif atau tidak, antara lain:

Cek Nomor WhatsApp Melalui Aplikasi WhatsApp

Cara paling mudah untuk mengetahui nomor yang terdaftar di WhatsApp adalah dengan memanfaatkan aplikasi WhatsApp itu sendiri. Langkah-langkah untuk melakukan pengecekan adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp terlebih dahulu.
  • Cari dan temukan kontak yang akan dicek dengan menggunakan fitur Search.
  • Ketik nama kontak yang dicari pada kolom pencarian.
  • Klik pada fotonya untuk melihat tampilan foto profil orang tersebut dan beberapa tombol di bawahnya.
  • Klik ikon (i) di bawah foto profil untuk menampilkan detail dari kontak tersebut.
  • Jika menemukan tulisan “Online“, artinya nomor WA tersebut aktif dan bisa langsung dihubungi.
  • Jika tidak ada tulisan “Online“, maka orang tersebut mungkin saja sedang tidak menggunakan WhatsApp, sehingga untuk melakukan pengecekan lebih lanjut, coba kirimkan chat kepada kontak tersebut. Jika kamu mendapati tanda centang 2, artinya kontak masih aktif dan pesan sudah diterima. Namun, jika tanda centang yang muncul hanya satu, ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebabnya, antara lain: internet sedang tidak aktif, nomor sudah tidak aktif di WhatsApp atau sudah tidak digunakan lagi, kamu diblokir oleh kontak tersebut, atau kontak tersebut menggunakan aplikasi WhatsApp Mod untuk menonaktifkan centang 2 sehingga semua pesan yang masuk akan tetap centang 1.

Cek Nomor WhatsApp Dengan Melakukan Test Contact

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah nomor WhatsApp masih aktif atau tidak adalah dengan melakukan TC. Arti TC adalah Test Contact, Cara melakukannya sangat mudah, sama seperti mengirimkan chat biasa. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp terlebih dahulu.
  • Cari dan temukan nama kontak yang akan dicek.
  • Ketik pesan “TC” atau “Test Contact“.
  • Kirim pesan tersebut dengan cara menekan tombol kirim.
  • Tunggu apakah pesan tersebut terkirim kepada penerima atau tidak. Jika terkirim, kamu akan melihat tanda centang 2.
  • Jika tanda centang berubah warna menjadi biru, artinya pesan tersebut sudah dibaca. Ini artinya, nomor WhatsApp tersebut masih aktif.
  • Jika TC yang sudah kamu kirimkan hanya menunjukkan centang 1 dan tidak ada jawaban, kemungkinan nomor WhatsApp tersebut sudah tidak aktif.

Cek Nomor WhatsApp Dengan Aplikasi ChatWatch

ChatWatch merupakan aplikasi pihak ketiga yang bisa membantu kamu mengecek apakah nomor WhatsApp masih aktif atau tidak. Aplikasi ini memiliki fitur unggulan yang dapat membantu kamu memantau aktivitas chat WhatsApp orang lain, seperti kapan dia online atau sedang mengetik pesan.

Namun, fitur tersebut hanya berfungsi jika kamu juga memiliki nomor WhatsApp orang tersebut dalam daftar kontak kamu. Jadi, jika kamu hanya ingin mengecek nomor WhatsApp yang tidak terdaftar di kontak kamu, maka aplikasi ini tidak bisa digunakan.

Cek Nomor WhatsApp Dengan Aplikasi WhatsLog

WhatsLog adalah aplikasi yang memantau aktivitas WhatsApp seseorang. Selain itu, aplikasi ini juga bisa membantu kamu mengecek apakah nomor WhatsApp yang dimaksud masih aktif atau tidak.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menginstal aplikasi WhatsLog di smartphone kamu dan memasukkan nomor WhatsApp yang ingin kamu cek ke dalam daftar kontak. Setelah itu, kamu akan menerima notifikasi setiap kali nomor WhatsApp tersebut online atau sedang mengetik pesan.

Namun, perlu diingat bahwa aplikasi ini bersifat berbayar dan tidak tersedia di Google Play Store. Kamu harus mengunduh aplikasi ini dari situs resmi WhatsLog.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image