Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image AL Debaran

Luar Biasa Indonesia Berperan Menjaga Perdamaian Dunia

Info Terkini | Friday, 10 Jun 2022, 06:23 WIB

Negara kita sebagai negara yang mencintai perdamaian dan juga memiliki peran dalam menjaga perdamaian dunia.

Tentu buat bangga kami, sebagai warga NKRI di negeri ini. Negara ini mendapat peran baik di Asia Tenggara hingga dunia.

Tugas TNI mewakili Indonesia menjaga perdamaian dunia pun sudah dilakukan sudah lama. Indonesia memiliki peran soal itu.

Sehingga sekarang pun Indonesia dipandang dunia sebagai negara yang memegang teguh perdamaian.

Keteguhan memegang perdamaian di dunia, Indonesia selalu diajak untuk berperan.

Contohnya Indonesia bersama anggota ASEAN Regional Forum (ARF) diajak duduk bareng dalam menjaga perdamaian dan keamanan bersama, dengan mematuhi hukum dan peraturan internasional.

Kita negara besar dan berbagai suku dan agama ada di Indonesia Bhineka Tunggal Ika yang menjadi pegangan dalam kehidupan di negara ini.

Ada hal itu negara kita benar-benar dipandang bagi negara lain.

Dikutip dari situs Kemhan, Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Rodon Pedrason bersama dengan anggota ASEAN Regional Forum (ARF) secara virtual melakukan pertemuan The 19th ASEAN Regional Forum Security Policy Conference (ASPC), di Kemhan, Jakarta, Jumat (3/6).

Dalam pertemuan tersebut, Dirjen Strahan Kemhan sebagai Ketua Delegasi Indonesia menyampaikan, bahwa ARF merupakan forum yang dapat dimanfaatkan untuk saling berbagi dan bertukar pandangan, baik masalah keamanan regional maupun internasional, dalam menghadapi tantangan geopolitik dan geosecurity dunia.

Karenanya Indonesia mendorong semua pihak untuk terus mencari solusi damai dari konflik dalam menjaga perdamaian dan keamanan bersama, dengan mematuhi hukum dan peraturan internasional.

“Kita harus memastikan bahwa semua negara tetap berkomitmen menegakkan hukum internasional”, kata Dirjen Strahan yang didampingi perwakilan dari Kemhan, Dit KS Polkam ASEAN Kemlu, Puskersin TNI, Sops TNI dan Deputi II Polugri Kemenkopolhukam.

Sumber: Kemhan.go.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image