Lindungi Atlet PON XX

Image
Dhevy Hakim
Olahraga | Tuesday, 12 Oct 2021, 15:58 WIB

Lindungi Atlet PON XX

Oleh: Dhevy Hakim

“Torang Bisa!”

Begitulah slogan yang dipilih dalam perhelatan olahraga nasional kali ini. Meski masih dalam situasi pandemi, Pekan Olahraga Nasional (PON) yang ke XX tetap diadakan dan saat ini sudah berada di hari-hari terakhir. Sesuai jadwal, PON XX dengan tuan rumah Provinsi Papua ini diselenggarakan dari tanggal 2-15 Oktober 2021.

Tentu saja PON kali ini menjadi event yang spesial. Selain terselenggara dalam situasi pandemi covid-19, ajang olahraga nasional ini juga pertama kalinya diselenggarakan di Papua.

Sayangnya, di tengah para atlet gembira membawa emas sebagai tanda keberhasilan dan kebanggaan bagi daerahnya masing-masing, menyisakan kekhawatiran publik akan adanya kluster baru dari PON XX tersebut. Bagaimana tidak, dari hari ke hari jumlah atlet yang kena covid naik.

Supervisor Subsatgas Protokol Kesehatan PON XX Kabupaten Jayapura sekaligus Tenaga Ahli BNPB Marsekal Muda Asep Chaerudin membenarkan sebanyak 29 atlet dan ofisial dari berbagai daerah terpapar COVID-19 di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX.

Ya, semestinya pandemi covid-19 yang belum usai menjadi pertimbangan utama dalam mengambil kebijakan terselenggaranya PON XX. Ibarat nasi sudah menjadi bubur. Ajang olahraga nasional pun sudah terlanjur berlangsung.

Harus segera ada tindakan cepat untuk memperketat mitigasi covid-19 sebelum para atlet kembali pulang ke daerahnya masing-masing. Bila tidak ada tindakan cepat, maka sangat dimungkinkan menjadi kluster baru dari ajang PON XX dan hal ini tentu membahayakan.

Apalagi berdasarkan temuan dari satgas bahwa atlet yang terkonfirmasi positif covid masuk OTG. Para atlet seyogyanya juga punya kesadaran kembali ke daerah masing-masing dengan prokes yang ketat dan melakukan karantina mandiri sebelum berinteraksi dengan orang lain.

Bagi yang tidak bergejala pun sebaiknya melakukan PCR sebelum pulang ke rumah masing-masing, dengan begitu akan menjadi jelas apakah dirinya perlu isoman ataukah tidak.

Selamat buat atlet yang mendapatkan juara. Semoga semua sehat dan kembali ke daerah asal tanpa membawa virus covid.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tes P3K, Jangan PHP-in Guru Honorer

OSS Berbasis Resiko

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

5 Makanan Penambah Darah yang Terbukti Mencegah Anemia

Image

Ini Lho Seabrek Bahaya Penyalahgunaan Napza Bagi Pelajar

Image

Upgrade GB Whatsapp Terbaru Anti Banned Download di Sini

Image

Download Aplikasi Alight Motion Pro Tanpa Watermark Versi Terbaru 2021

Image

Download Aplikasi YouTube Go Versi Terbaru 2021 Gratis

Image

Mengenal Sistem Imun pada Tubuh dan Jenis Makanan Penambah Imun

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image