Pemulihan Sektor Perekonomian Indonesia dengan E-commerce

Image
Putri Auliya Syafitri
Info Terkini | Sunday, 05 Jun 2022, 12:05 WIB

COVID-19 berhasil membawa Indonesia pada peristiwa mengerikan beberapa tahun lalu, lebih tepatnya pada peristiwa resesi dunia yang terjadi pada tahun 2008-2009. Krisis ekonomi tentunya menjadi salah satu peristiwa yang paling dihindari dan ditakuti oleh seluruh negara di dunia. Bagaimanapun tak ada negara yang menginginkan negaranya hancur begitu saja. COVID-19, makhluk tak kasat mata yang berhasil mengguncang seluruh sektor kehidupan manusia, tak terkecuali sektor ekonomi. Terhitung sejak akhir kuartal I tahun 2020 perekonomian Indonesia mengalami kemerosotan. Tak sedikit dana negara yang dikeluarkan untuk menunjang kehidupan masyarakatnya.

Pada kuartal II hingga III tahun 2020, Indonesia mengalami puncak kemerosotan perekonomiannya. Terhitung sejak pandemi COVID-19 berlangsung, grafik perekonomian Indonesia menunjukkan terjadinya penurunan yang signifikan.

Setiap permasalahan yang ada pastinya memiliki jalan keluar, satu sisi perekonomian Indonesia mengalami kemerosotan, akan tetapi di sisi lain pereknomian Indonesia juga menunjukkan peningkatan, hal tersebut ditunjukkan dengan data pendapatan perusahaan e-commerce yang mengalami kenaikan secara signifikan. Tak ingin terlarut dalam suatu masalah, pemerintah Indonesia segera mengambil jalan keluar dengan menetapkan perpu baru tentang pemberlakuan dikenakannya pajak pada barang dan jasa yang dijual melalui platform elektronik (e-commerce). Bisnis e-commerce di era pandemi COVID-19 menunjukkan kenaikan pendapatan yang signifikan. Oleh karena itu, pemerintah memanfaatkan hal tersebut dengan menjadikan e-commerce sebagai solusi krisis ekonomi Indonesia saat ini.

E-commerce menjadi solusi utama pemerintah dalam menangani kemerosotan perekonomian Indonesia. Keputusan yang telah dilakukan oleh pemerintah tersebut menjadi keputusan yang tepat. Hal ini dibuktikan dengan grafik perekonomian Indonesia yang secara bertahap mengalami peningkatan serta Mentri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto menyampaikan bahwa perekonomian Indonesia akan pulih pada kuartal IV tahun 2021. Adanya e-commerce sangat membantu perekonomian Indonesia untuk segera keluar dari keterpurukan.

 

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Sidang P20 Wujudkan Langkah Konkret Atasi Krisis Pangan dengan Pembangunan Berkelanjutan

Image

Tragedi Kanjuruhan Nestapa Sepak Bola Indonesia

Image

Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Warga Binaan Lapas Purwokerto Ikuti Rangkaian Kegiatan Berikut

Image

Peserta Enrekang Cross Country Diprediksi Capai 1000 Goweser

Image

Peluang Ekonomi Mikro Menggunakan Bahan Yang Tidak Terpakai

Image

MENCARI GORESAN INDAH DI ATAS KANVAS KEKALAHAN

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image