Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Putri Auliya Syafitri

Pemulihan Sektor Perekonomian Indonesia dengan E-commerce

Info Terkini | Sunday, 05 Jun 2022, 12:05 WIB

COVID-19 berhasil membawa Indonesia pada peristiwa mengerikan beberapa tahun lalu, lebih tepatnya pada peristiwa resesi dunia yang terjadi pada tahun 2008-2009. Krisis ekonomi tentunya menjadi salah satu peristiwa yang paling dihindari dan ditakuti oleh seluruh negara di dunia. Bagaimanapun tak ada negara yang menginginkan negaranya hancur begitu saja. COVID-19, makhluk tak kasat mata yang berhasil mengguncang seluruh sektor kehidupan manusia, tak terkecuali sektor ekonomi. Terhitung sejak akhir kuartal I tahun 2020 perekonomian Indonesia mengalami kemerosotan. Tak sedikit dana negara yang dikeluarkan untuk menunjang kehidupan masyarakatnya.

Pada kuartal II hingga III tahun 2020, Indonesia mengalami puncak kemerosotan perekonomiannya. Terhitung sejak pandemi COVID-19 berlangsung, grafik perekonomian Indonesia menunjukkan terjadinya penurunan yang signifikan.

Setiap permasalahan yang ada pastinya memiliki jalan keluar, satu sisi perekonomian Indonesia mengalami kemerosotan, akan tetapi di sisi lain pereknomian Indonesia juga menunjukkan peningkatan, hal tersebut ditunjukkan dengan data pendapatan perusahaan e-commerce yang mengalami kenaikan secara signifikan. Tak ingin terlarut dalam suatu masalah, pemerintah Indonesia segera mengambil jalan keluar dengan menetapkan perpu baru tentang pemberlakuan dikenakannya pajak pada barang dan jasa yang dijual melalui platform elektronik (e-commerce). Bisnis e-commerce di era pandemi COVID-19 menunjukkan kenaikan pendapatan yang signifikan. Oleh karena itu, pemerintah memanfaatkan hal tersebut dengan menjadikan e-commerce sebagai solusi krisis ekonomi Indonesia saat ini.

E-commerce menjadi solusi utama pemerintah dalam menangani kemerosotan perekonomian Indonesia. Keputusan yang telah dilakukan oleh pemerintah tersebut menjadi keputusan yang tepat. Hal ini dibuktikan dengan grafik perekonomian Indonesia yang secara bertahap mengalami peningkatan serta Mentri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto menyampaikan bahwa perekonomian Indonesia akan pulih pada kuartal IV tahun 2021. Adanya e-commerce sangat membantu perekonomian Indonesia untuk segera keluar dari keterpurukan.

 

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image