Ideologi Komunis dalam Perspektif Al-Quran

Image
Adelia Putri
Eduaksi | Saturday, 04 Jun 2022, 12:00 WIB

Interprestasi terhadap Al-Quran bagi umat Islam merupakan perkembangan signifikan. Hal ini adalah upaya dalam memahami pesan Allah SWT. Salah satunya adalah ide komunis dalam Al-Quran. Banyaknya isu-isu yang beredar tentang kebangkitan ideology komunis akhir-akhir ini cukup untuk menyulut perang ideology diseluruh masyarakat, baik dikalangan ahli maupun kalangan yang amatir. Hal tersebut dapat dilihat dari kontestasi politik yang terjadi beberapa waktu lampau. Agama yang terus dikaiteratkan sebagai musuh alami dari ideology komunis juga menjadi hal yang sangat sensitif untuk di perbincangkan di depan khalayak ramai. Saling serang-menyerang,dan saling menuduh satu sama lain bahkan sampai memfitnah tentang individu di pihak lawan politik alasan tentang komunisme.Yang lebih beratnya lagi perdebatan terus menerus hingga menautkan setiap strategi apapun yang diukur memebuat rakyat tersiksa. Dan ayat-ayat Al-Qur’an yang dikaji saat ini merupakan dalil yang banyak dikaitkan dengan ideologi komunis.

Komunisme muncul ketika revolusi industry. Seorang filsuf yang terkenal dalam sejarah komunisme adalah Karl Marx. Komunisme merupakan ideologi yang digunakan oleh komunis yang ada diseluruh dunia. Komunisme muncul ketika perkembangan ideologi liberal membuat penderitaan yang ada di masyarakat. Akibatnya muncul penindasan masyarakat kecil. Menurut Karl Marx komunisme adalah suatu keyakinan bahwa manusia adalah sekumpulan relasi. Masyarakat memiliki kelas-kelas yang saling berinteraksi. Kelas kapitas selalu melakukan penindasan pada buruh maka dari itu, inilah yang menimbulkan revolusi.

Komunisme memiliki pengaruh besar pada perkembangan sejarah dunia. Sudut pandang tafsir Al-Quran terhadap ideology komunis menjadi menarik untuk di teliti. Hal ini dikarenakan beberapa hal yang ditawarkan oleh ideology komunis “seakan” sejalan dan tidak bertentangan dengan Al-Quran sebagai doktrin dan rujukan utama umat Islam dalam segala aspek kehidupan yang kompleks, tentu memiliki ayat-ayat tematik guna dijadikan lndasan yang menerangkan tentang hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan social, politik, dan kekuasaan.

Komunisme bisa menjadi pilihan revolusioner yang berdampak besar pada perkembangan sejarah dunia. Sejatinya, komunisme bukanlah sebuah paham kejam yang berlandaskan pada kekerasan, ia hanya menghalalkan segala cara yang tak mengenal kata menyerah. Kekerasan hanya digunakan jika semua cara damai gagal. Karena bagi komunis, menyerah. bukanlah sebuah pilihan yang harus dikamuskan. Di sisi lain, komunisme sebagai ideologi bukanlah doktrin politik yang berlaku. Ideologi komunis yang lahir dari Karl Marx bermula dari Revolusi Industri, yang membiarkan manusia dieksploitasi lebih dari yang lain tanpa mengenal batas kemanusiaan. Cita-cita Marx adalah masyarakat tanpa kelas yang tidak ada tuan dan hamba. Oleh karena itu, mereka yang tidak terobsesi untuk bekerja sendiri tidak teralienasi secara psikologis dan material.

Perbedaan antara komunisme dan sosialisme terletak pada cara mereka mencapai tujuan mereka. Para sosialis meyakini bahwa perubahan yang diinginkan dapat dilakukan dengan cara-cara damai dan demokratis. Kaum Sosial Demokrat percaya bahwa perubahan yang mereka inginkan dapat dilakukan dengan cara damai dan demokratis. Ideologi sosialis tersebar luas di negara-negara Eropa Barat. 4.444 Sosialis telah berhasil mempertahankan kekuasaan pemerintah secara demokratis. Revolusi komunis memberikan bantuan dari kemiskinan. Jauh sebelum Marx menangani hal ini dengan komunisme, Islam pertama kali mengusulkan melalui Alquran konsep revolusi lengkap yang pertama kali mengubah tatanan negara-negara Arab dan memengaruhi pola ideologis dunia dari masa depan hingga masa kini. Perbedaan praktek ini disebabkan oleh landasan dasar pemikiran komunis. Seperti disebutkan sebelumnya, Komunis didasarkan pada premis bahwa segala sesuatu terbuat dari benda, melalui benda, dan kembali ke benda.

Penghapusan hak milik Beberapa pandangan Komunis tentang hak ini sangat anti-Quran. Di dalam Al-Qur'an, Allah SWT memerintahkan manusia untuk berbuat baik kepada sesama makhluk, tanpa memandang asal usulnya, dan melarang mereka menimbulkan malapetaka di Bumi. Sebagaimana firman-Nya:

“Dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.”

Karena komunisme adalah ide yang diciptakan oleh Karl Marx, beberapa ahli mengatakan bahwa ideologi komunisme seperti Marxisme. Tujuan pembentukan ideologi komunis Marx adalah untuk merevolusi tatanan dunia yang ada dengan menciptakan tatanan kehidupan baru di mana dunia baru yang didambakan nantinya akan dihuni oleh masyarakat tanpa kelas dan kasta sosial. Ideologi yang diusung komunis disebarkan dan dipaksakan kepada khalayak ramai menggunakan metode yang dianggap tak manusiawi; kekerasan pembantaian, pembunuhan, penculikan dan lainlain. Penghalalan segala cara tersebutlah yang membuat ideologi yang diklaim oleh Marx sebagai ideologi revolusioner, justru menjadi ideologi terkutuk. Kesalahan fatal dalam ideologi komunis adalah penerapannya oleh orangorang yang ada di dalamnya. Sebagaimana Islam sebagai sebuah agama yang Rahmatan li al`lamin menjadi rusak karena interpretasi penganutnya yang salah.Secara umum ideologi komunis ini bertentangan dengan alQur’an.

Dosen Pengampu: Dr. Ira Alia Maerani, S. H., M. H.

Adelia Putri Safina ( Mahasiswa Pendidikan Matematika, Universitas Islam Sultan Agung Semarang)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kesekian Kali

Image

Puskesmas Terbaik DKI Jakarta Berdasarkan Review Terbaru

Image

Ruang Lingkup Morfologi

Image

Pengaruh k-pop terhadap remaja

Image

Prodi Hukum Bisinis Unismuh Makassar Siap Gelar Kuliah Perdana Awal Desember

Image

Video Kreatif Keren Tanpa Asap Rokok Lapas Perempuan Palembang Juara 1 pada HUT Yayasan Jantung Seha

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image