Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Suharnanik

Penerapan K3 Pada Gedung Kuliah Bersama Kampus C Universitas Airlangga

Eduaksi | Saturday, 04 Jun 2022, 10:06 WIB

Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh suatu instansi untuk menjamin keselamatan dan kesehatan seseorang yang berada di dalamnya. Suatu upaya tersebut mencakup beberapa aspek. Pada fokus kesehatan biasanya hal yang dilakukan adalah pencegahan akan terjadinya penyakit akibat kerja, seperti silikosis, ISPA dan penyakit akibat kerja lainnya. Sedangkan untuk fokus keselamatan adalah menghindari kecelakaan kerja, seperti tertimpa benda berat, tergelincir, dan lainnya.

Perlunya penerapan K3 dalam setiap instansi yang memerlukan tenaga kerja adalah meminimalisir dampak dari bahaya yang ada di tempat kerja. Tempat yang telah menjamin keselamatan dan kesehatan pekerjanya, akan membuat pekerja dan orang yang berada di tempat kerja merasa aman dan nyaman saat melakukan aktifitas di dalamnya.

Saat ini banyak tempat umum yang telah menerapkan prinsip K3 dalam pembangunan dan pengoperasiannya. Universitas Airlangga merupakan salah satu Universitas yang peduli dengan penerapan K3 di dalam di setiap aspeknya, baik dari fasilitas dan sikap dari orang yang berada di dalamnya tentang K3. Berbagai fasilitas dibangun sesuai dengan prinsip K3.

Penerapan K3 pada masa pandemik terlaksana dengan baik. Adanya pendeteksi suhu selalu terpasang di pintu masuk dan pintu keluar. Mudahnya akses untuk cuci tangan dan handsanitizer pada setiap lantai. Fitur lift menggunakan sensor juga meminimalisir adanya kontak langsung. Selain itu adanya proses mobile check in setiap masuk gedung dan ruangan memudahkan jika terdeteksi terdapat orang yang memiliki gejala covid, dan mendata siapa saja yang melakukan kontak dengan penderita.

Instalasi kebakaran Gedung Kuliah Bersama Kampus C Universitas Airlangga juga merupakan salah satu contoh penerapan K3 yang baik dalam suatu Gedung. Gedung Kuliah Bersama Kampus C Universitas Airlangga memiliki instalasi kebakaran yang sangat memadai. Kelengkapan tentang alat deteksi dini akan adanya kebakaran terpasan di setiap ruangan di Gedung Kuliah Bersama Kampus C Universitas Airlangga. Adanya sprinkler (pompa penyemprot air saat terjadi kebakaran) yang banyak tersebar di setiap ruangan. Tersedianya APAR yang berfungsi baik di setiap kurang lebih jarak 15 meter. Selain instalasi kebakaran dan APAR Gedung kuliah bersama juga memberikan petunjuk yang jelas mengenai jalur evakuasi jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image