Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image ninda putri bonita

Cegah Diabetes pada Remaja dengan Menerapkan Pola Hidup Sehat

Gaya Hidup | Friday, 03 Jun 2022, 20:16 WIB
Diabetes adalah penyakit kronis dimana terdapat ciri-ciri berupa tingginya kadar gula (glukosa) darah pada tubuh. Faktor penyebab diabetes yang sering kali terjadi pada remaja salah satunya karena gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup yang tidak sehat, contohnya seperti mengkonsumsi makan cepat saji maupun minuman dengan kadar gula yang tinggi atau berlebih.

Sebuah penelitian oleh Treatment Options for Type 2 Diabetes in Adolescents and Youth (TODAY), mengatakan bahwa penyakit diabetes lebih berkembang cepat pada remaja dibandingkan dengan orang dewasa atau orang lanjut usia. Dampak yang terjadi pada penyakit Diabetes type 2 bagi remaja cenderung berbahaya, biasanya dengan cepat memunculkan komplikasi penyakit seperti jantung dan ginjal.

Upaya pencegahan penyakit diabetes dapat dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat, salah satunya dengan menjaga pola makan yang benar dan sehat, dalam hal ini menjadikan pola yang optimal dalam pencegahan penyakit diabetes.

Mengkonsumsi buah dan sayur, serta mengurangi asupan gula setiap hari menjadi salah satu bentuk menerapkan pola hidup sehat. Buah dan sayur merupakan sumber bahan pangan yang mengandung vitamin dan mineral yang berfungsi untuk mempertahankan fungsi fisiologis tubuh. Kandungan gizi utama dalam buah dan sayuran adalah vitamin dan mineral. Vitamin yang terdapat dalam buah dan sayuran adalah pro vitamin A, vitamin C, K, E, dan berbagai kelompok vitamin B kompleks. Buah dan sayur juga kaya akan berbagai jenis mineral, diantaranya kalium (K), kalsium (Ca), natrium (Na), zat besi (Fe), magnesium (Mg), mangan (Mn), seng (Zn), selenium (Se), dan boron (Bo).

Refrensi : Fatimah, Petti Siti dan Putra Apriadi Siregar. (2020). Konsumsi Buah, Sayur Dan Ikan Berdasarkan Sosio Demografi Masyarakat Pesisir Provinsi Sumatera Utara. Scientific Periodical of Public Health and Coastal 2(1), 51-63.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image