Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Andi Pratama

Pengertian Media

Eduaksi | Wednesday, 06 Oct 2021, 19:29 WIB

Apa sih yang dimaksud dengan media? Media secara istilah berasal dari bahasa Latin yang merupakan bentuk jamak dari kata Medium. Yang secara harfiah memiliki arti perantara / pengantar. Pengertian Media secara umum yaitu semua sesuatu yang bisa mengantarkan pesan dari sumber pesan ke penerima pesan. Proses belajar mengajar pada dasarnya juga menggambarkan proses komunikasi, sehingga media yang dipakai di dalam pembelajaran disebut juga media pembelajaran. Dengan demikian media merupakan alat pengantar pesan belajar atau penyalur pesan.

Berdasarkan pengertian tersebut dapat disimpulkan media adalah alat yang dipakai guna membantu suatu proses belajar mengajar sehingga proses tersebut bisa berlangsung dengan baik. Media juga bisa dimaknai sebagai penyalur antara pemberi dan penerima pesan. Penggunaan media sebagai penyalur antara pendidik dan peserta didik inilah yang disebut dengan pembelajaran. Dengan kata lain, bahwa belajar aktif memerlukan dukungan dari media guna menyalurkan materi yang akan di pelajari.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image