Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Baihaqi

Apresiasi Hafalan Siswa, SDIT Azkiya Gelar Tasyakur Bintang Qur’an Angkatan XIII

Eduaksi | Monday, 30 May 2022, 12:05 WIB

BIREUEN – Seratusan siswa SDIT Azkiya Bireuen mengikuti tasyakur bintang qur’an XIII yang diselenggarakan di aula Setdakab Bireuen, Minggu (29 Mei 2022). Kegiatan ini turut menghadirkan Pembina dan Pengurus Yayasan Ar Risalah Aceh serta para orang tua siswa.

Kredit Foto: Bintang Qur'an SDIT Azkiya Foto Bersama Usai Prosesi Tasyakur

Tasyakur bintang qur’an adalah wisuda sekaligus apresiasi yang diberikan pihak sekolah kepada para siswa dan siswi yang mampu menghafal al qur’an dengan beragam kriteria dan ketentuan yang telah ditentukan pihak sekolah.

Kepala Sekolah SDIT Azkiya, Ustazah Meutia, SPdI disela-sela kegiatan ini menyebutkan, jumlah siswa yang mengikuti tasyakur bintang qur’an sebanyak 104 siswa yang terbagi 46 siswa laki-laki dan 58 siswa perempuan dari berbagai kelas.

“Tahun ini, jumlah siswa yang mengikuti tasyakur bintang qur’an berjumlah 104 siswa, jumlah ini meningkat signifikan dibandingkan tahun lalu yang berjumlah 79 siswa. Dan ini adalah sebuah kebanggan bagi kami di sekolah,” tegasnya.

Menurutnya, rata-rata siswa yang mengikuti tasyakur hari ini mampu menghafal 2 juz al qur’an dan ini sesuai dengan target sekolah yang menetapkan minimal setiap siswa mampu menghafal 2 juz setelah lulus dari SDIT Azkiya.

“Alhamdulillah, siswa-siswa kami rata-rata mampu menghafal 2 sampai 3 juz al qur’an dan ini tersebar di beberapa kelas mulai dari kelas I sampai kelas VI dan bahkan ada satu siswa kami mampu menghafal 12 juz al qur’an,” pungkasnya

Ketua Panitia kegiatan tasyakur bintang qur’an, Ustad Martunis yang dihubungi terpisah merincikan, jumlah siswa yang mampu menghafal 1 juz sebanyak 52 siswa, 2 juz 31 siswa, 3 juz 11 siswa, 4 juz 5 siswa, 6 juz 1 siswa dan 12 juz 1 siswa.

Menurutnya, masing-masing siswa ini mendapatkan predikat sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan, seperti kefasihan dalam menghafal, kelancaran, tajwid dan berbagai ketentuan lain.

“Jumlah siswa yang mendapatkan predikat mumtaz atau nilai tertinggi berjumlah 35 siswa dan 69 siswa mendapat predikat jayyid jiddan,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Ar Risalah Aceh, Ustad T Akmal ST mengaku bangga atas prestasi yang diraih oleh siswa-siswa dan juga mengucapkan terimakasih yang terhingga kepada para ustad dan ustazah yang telah mendampingi selama ini.

“Apa yang telah didapat oleh anak-anak kita hari ini tidak lepas dari dampingan ustad dan ustazah semua dan tentunya juga kerjasama para orang tua siswa yang menginginkan anak-anaknya menjadi generasi qur’ani,” jelasnya.

Abi Akmal (sapaan T Akmal, ST) melanjutkan, pihaknya terus berupaya meng-upgrade setiap ustad dan ustazah di Sekolah Islam Terpadu (SIT) Azkiya agar mampu memberikan yang terbaik untuk anak-anak kita sehingga akan terbentuk generasi terbaik bangsa.

“Kami dari Yayasan memohon maaf kepada ayah bunda semua atas segala kekurangan yang ada. Insya Allah kami akan terus meningkatkan mutu setiap guru di Azkiya agar mampu mengarahkan anak-anak kita yang ada di Azkiya,” katanya.

Kegiatan tasyakur bintang qur’an ini juga diisi dengan tes hafalan setiap siswa. Para undangan dan orang tua siswa yang hadir diberi kesempatan untuk menguji hafalan siswa. Selain itu, kegiatan ini juga diisi penyerahan piagam dan sertifikat.

Diakhir kegiatan, masing-masing siswa diberi kesempatan untuk menyematkan mahkota kepada orang tuanya.[]

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image