Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Virgiawan

Hadirkan Aplikasi AYO BELAJAR MEMBACA, Mahasiswa UMM Bantu TPQ Dalam Pembelajaran Online

Eduaksi | Sunday, 03 Oct 2021, 11:53 WIB

Malang, September 2021. Mahasiswa UMM melaksanakan program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa ( PMM ) Bhaktiku Negeri sebagai pengganti Dari KKN. Kegiatan ini berlangsung selama satu bulan yakni dari tanggal 6 September - 5 Oktober 2021 yang dimana mahasiswa diberi tugas untuk mengabdi ditempat yang sudah ditentukan

Kegiatan PMM Berlokasi di JL. Singorejo,Sumbergondo, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Kegiatan kelompok PMM 93 tersebut dilaksanakan di TPQ Nurul Huda Sumbergondo.

"PMM Ini ya merupakan hal yang betul-betul disambut bagi kami terutama dalam lembaga pendidikan untuk menerima kegiatan yang lebih terfokus. Saya berharap sekali dengan kegiatan ini dapat memberikan dampak yang lebih lagi untuk masyarakat." Ujar Kepala TPQ Nurul Huda.

Didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Sofyan Arifianto, S.Si., M.Kom mereka memperkenalkan Aplikasi "Ayo Belajar Membaca". guna membantu para santri dalam proses pembelajaran dan mengurangi dampak dari penyebaran Covid-19.

Pengenalan Aplikasi “Ayo Belajar Membaca” dilaksanakan secara luring (offline) maupun daring (online). Tim PMM Bhaktiku Negeri 93 Gelombang 13 membuat sebuah video animasi sebagai media pembelajaran ulang dari TPQ dan membuatkan sebuah platform berupa Aplikasi Android sebagai media pemutarnya. Produk tersebut disambut dengan baik oleh pihak TPQ Nurul Huda Sumbergondo.

Dengan memadukan teknologi sinkronisasi audio dan video animasi pada Aplikasi "Ayo Belajar Membaca", diharapkan dapat mengurangi kegiatan belajar mengajar secara offline dengan santri sehingga mencegah penyebaran Covid-19 lebih lanjut.

Walaupun dengan adanya PPKM, kegiatan Tim PMM Bhaktiku Negeri 93 Gelombang 13 dapat tetap berlanjut dengan disiplin dan mengikuti protokol kesehatan dengan dukungan oleh pihak TPQ Nurul Huda Sumbergondo.

Tim PMM Bhaktiku Negeri 93 Gelombang 13 berharap dengan adanya Aplikasi “Ayo Belajar Membaca” dapat membantu proses pembelajaran yang ada di TPQ Nurul Huda walaupun ditengah Covid-19 dan juga Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sehingga pembelajaran dapat dilaksanakan dengan lebih maksimal dimasa pandemi sekarang.

Ditulis oleh Muhammad Virgiawan, Anggota Kelompok PMM 93 Bhaktiku Negeri.

Alamat :Jl. Klandungan, Kec. Dau, Malang, Jawa Timur.

Email : [email protected]

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image