4 Langkah Hindari Hepatitis Akut

Image
Slamet Samsoerizal
Info Terkini | Saturday, 28 May 2022, 18:28 WIB
sumber ilustrasi: https://www.who.int/multi-media/details/testing-for-viral-hepatitis-can-t-wait

Penyakit hepatitis akut misterius kini menjadi perbincangan masyarakat karena melanda beberapa negara, termasuk Indonesia. Penyakit hepatitis akut menjadi penyakit misterius karena hingga saat ini Badan Kesehatan Dunia (WHO) belum mengetahui secara pasti penyebab terjadinya penyakit tersebut.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, terdapat 15 kasus hepatitis akut di Indonesia hingga hari ini, Senin (9/5/2022). Kabid Humas PP PDUI dr. Milka Inkiriwang mengatakan, hepatitis adalah keradangan atau infeksi yang terjadi pada hati (liver). Hepatitis akut berat atau misterius berarti infeksi hati yang belum diketahui pasti penyebab termasuk mekanisme ataupun patofisiologinya.

Penularan hepatitis akut diketahui dapat melalui saluran pernafasan dan saluran pencernaan. Oleh karena itu, Milka menekankan bila masyarakat harus menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) seperti mencuci tangan, makan makanan matang dan bersih, serta jangan bergantian alat makan dan minum.

Hal itu, lanjut Milka, termasuk dalam hal melakukan pembelian makanan dan minuman dalam kemasan. Dia menyarankan agar masyarakat sebaiknya memilih kemasan yang bersih dan selalu baru.

Menurut WHO, hepatitis akut misterius dapat menyerang anak-anak usia 1 bulan -16 tahun. Meski begitu, penyakit hepatitis akut misterius juga bisa menyerang orang dewasa.

Sebagaimana dikutip dari sumber Kemenkes RI dan CDC, hepatitis akut adalah infeksi hati yang memiliki sifat atau durasi perjalanan penyakit sekitar 2 minggu -1 bulan. Hal ini, sangat beda dengan hepatitis kronis di mana infeksi hati yang dapat merusak hati.

Ada empat langkah penanganan hepatitis akut yang bisa Anda simak sesuai dengan anjuran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Pertama, mewaspadai gejala awal seperti mual, muntah, diare, sakit perut, demam ringan. Kedua, apabila muncul gejala awal, jangan panik. Ketiga, jangan menunggu gejala lanjutan muncul seperti mata dan kulit menguning agar tidak terlambat penanganan. Keempat, apabila terjadi penurunan kesadaran, segera bawa ke rumah sakit dengan fasilitas ICU anak.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Negeri Plastik

Minyak Goreng Masuk ke Kelas

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Savefrom YT: Convert YouTube MP4 Jadi MP3 ke Galeri HP

Image

VidMate: Aplikasi Convert YouTube To MP3 dan MP4 Paling Kekinian

Image

YTMP3 : Download Lagu dan Musik YouTube Jadi Audio MP3 Gratis!

Image

Download Aplikasi YouTube Vanced Terbaru 2022 Tanpa Iklan

Image

Savefrom.Net Unduh Gratis Video Mp4 Youtube Tanpa Aplikasi Dan Pasti Cepat Disini

Image

Download Lagu aespa - Girls MP3 Gratis

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image