Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Institut Daarul Qur'an

Kuliah di Kampus Swasta, Ternyata Banyak Untungnya

Teknologi | Wednesday, 29 Sep 2021, 10:42 WIB

Menentukan tempat kuliah yang tepat, seringkali membuat banyak orang kebingungan. Mungkin salah satunya adalah Kamu.

Sebetulnya wajar sih kalau Kamu sulit mengambil keputusan. Sebab tempat kuliah yang akan kamu pilih, akan menentukan masa depan kamu selanjutnya.

Banyak orang yang beranggapan bahwa tempat kuliah terbaik hanya ada di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Apa emang benar begitu?

Padahal banyak banget Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang tidak kalah bagus prestasi akademik dan fasilitasnya dibandingkan PTN.

So, jangan pernah berpikir bahwa dengan masuk PTS berarti kamu tidak pintar atau akan susah mendapat pekerjaan ya Sob. Banyak juga PTS yang memiliki program-program unggulan yang nggak kalah dari PTN, atau bahkan lebih baik dan menjanjikan di dunia kerja. Dan ternyata, kuliah di kampus swasta lebih banyak untungnya. Gak percaya?Yuk, disimak!

1. Jadwal kuliah lebih fleksibel

Inilah salah satu alasan, yang membuat PTS dinobatkan sebagai kampus terbaik oleh para pengusaha, pekerja, seniman dan orang-orang diluar sana untuk kuliah. Waktu kuliah yang fleksibel, menjadi pilihan artis-artis di tanah air untuk berkuliah di Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Kegiatan akademik di kampus Perguruan Tinggi Swasta (PTS) memang cenderung tidak terlalu ketat, sehingga memungkinkan mahasiswanya bisa mengatur waktu mereka untuk kegiatan lain. Mereka yang ingin bekerja sekaligus kuliah juga cenderung memilih PTS, karena selain tidak banyak Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang memiliki jadwal kuliah malam, juga Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lebih ketat soal akademis sehingga agak sulit bekerja sembari kuliah. Nah buat Kamu yang sudah memiliki bisnis atau sesuatu yang dikerjakan diluar kampus, Perguruan Tinggi Swasta (PTS) bisa menjadi solusi yang tepat.

2. Tersedia banyak beasiswa

Tidak hanya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) memiliki beasiswa seperti bidikmisi lho. Banyak juga Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang juga menyediakan beasiswa secara penuh kepada mahasiswa yang lulus seleksi tertentu. Entah itu dari prestasi, tes atau latar belakang sang mahasiswa. Bukan sekedar beasiswa akan uang kuliah, beberapa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) bahkan memberikan mahasiswa tersebut asrama gratis untuk ditinggali selama masa perkuliahan. Jadi kamu tidak perlu takut lagi soal biaya, kamu bisa aktif mencari tahu kampus mana saja yang menyediakan beasiswa dan tinggal mengikuti seleksi-seleksinya.

3. Dosen pengajar dari luar Negeri

Beberapa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) juga tak tanggung-tanggung dalam menghire dosen atau tutor untuk mengajar mahasiswanya. Demi citra kampus yang baik dan menghasilkan lulusan yang kompeten, bahkan ada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang mendatangkan dosen dari luar negeri yang terkualifikasi dalam mengajar bidang tertentu.

Meski Perguruan Tinggi Negeri (PTN) diminati lantaran ada ‘kesan’ biayanya lebih murah, berkualitas dan punya pengajar yang keren. Jangan salah, ternyata dalam beberapa hal ternyata kuliah di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) lebih menguntungkan lho!

Untuk mendapatkan informasi seputar Perguruan Tinggi Swasta di Jabodetabek, kamu bisa intip infonya langsung di situs ini ya. Dan nggak perlu banyak pertimbangan, langsung daftar aja ke Institut Daarul Qur’an agar bisa kuliah dengan biaya murah, fleksibel, tempatnya nyaman, tersedia asrama, dan diajar oleh dosen-dosen dari kampus terbaik baik dalam maupun luar negeri.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image