Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rani Fibrianti

Duta Baca Indonesia Gelorakan Semangat Menulis di Kabupaten Ciamis

Info Terkini | Tuesday, 28 Sep 2021, 21:53 WIB
Sumber gambar: Dokumen pribadi

Duta Baca Indonesia, Gol A Gong, mengunjungi Kabupaten Ciamis sebagai derah kesebelas dari dua belas daerah tujuan kegiatan Safari Literasi Duta Baca Indonesia. Gol A Gong bersama rekannya, Daniel Mahendra dari Penerbit Epigraf, menggelorakan semangat menulis kepada masyarakat Kabupaten Ciamis melalui Lokakarya Penulisan bertema Menulis Kisah Inspiratif dan Penerbitan Buku yang dilaksanakan pada 27 September 2021 di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis. Acara ini dihadiri oleh Bunda Literasi Kabupaten Ciamis, pejabat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis, KNPI Kabupaten Ciamis, Paguyuban Duta Baca Kabupetan Ciamis, FTBM Kabupaten Ciamis, dan peserta dari berbagai kalangan.

Dalam sambutannya, Gol A Gong menyampaikan bahwa kegiatan Safari Literasi Duta Baca Indonesia merupakan salah satu bentuk terima kasihnya karena telah menjadi Duta Baca Indonesia periode 2021-2025. Selain itu, kegiatan Lokakarya Penulisan bertujuan untuk melaksanakan Gerakan Indonesia Menulis.

Pada sesi penyampaian materi, Gol A Gong sebagai pemateri pertama menyampaikan kiat-kiat menulis kisah inspiratif salah satunya dengan mengacu pada nilai berita CHuPPT (consequences, human interest, proximity, public pigure, timeline). Kisah inspiratif harus memiliki dampak bagi masyarakat (consequences), memiliki nilai kemanusiaan (human interest), kisah dari orang-orang di lingkungan terdekat (proximity), narasumber harus dikenal luas (public pigure), dan peristiwa yang hendak ditulis belum lama terjadi (timeline). Setelah penyampaian materi, Gol A Gong meminta beberapa peserta untuk menyampaikan ide kisah inspiratif yang mereka temukan.

Pemateri kedua, Daniel Mahendra, menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika hendak mengirim naskah kepada penerbit, diantaranya adalah kelengkapan naskah, standar penulisan naskah, dan etika dalam pengiriman naskah. Daniel Mahendra juga memberikan tips menulis sinopsis buku yang menarik dan memikat editor.

Pada sesi diskusi dan praktik menulis kisah inspiratif, Gol A Gong menginstruksikan peserta untuk menulis judul cerita dan satu paragraf awal cerita. Kemudian, peserta membacakannya dan Gol A Gong memberikan komentar. Antusiasme peserta sangat terlihat pada sesi ini karena banyak peserta yang mengajukan diri untuk membacakan tulisannya. Peserta Lokakarya Penulisan ini diharapkan dapat menulis satu kisah inspiratif untuk dibukukan menjadi buku antologi kisah inspiratif.

Setelah rangkaian acara inti Gol A Gong menyerahkan sertifikat dan pesan yang ditulisnya kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis, KNPI Kabupaten Ciamis, Paguyuban Duta Baca Kabupetan Ciamis, dan FTBM Kabupaten Ciamis. Salah satu pesan yang beliau tulis adalah pesan untuk Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis yang berbunyi: “Jadilah oase, tempat orang melepas dahaga ilmu”.

Acara diakhiri dengan foto bersama dan penandatangan buku-buku karya Gol A Gong.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image