Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sandi Maruf

Cara Menuju Jakarta dari Lampung, Via Jasa Travel, Bus dan Kendaraan Pribadi

Info Terkini | Monday, 27 Sep 2021, 16:08 WIB
infolpg.com" />
infolpg.com

Jakarta menjadi kota tujuan banyak orang yang ingin memperbaiki kualitas hidup dan mendapatkan pekerjaan yang layak. Banyak lulusan SMA, kuliah S1 yang pergi ke Jakarta untuk mengadu nasib. Namun belum banyak yang masih bingung bagaimana cara ke Jakarta dari Lampung, apa jenis mobil atau kendaraan yang digunakan.

Sebenarnya ada banyak cara menuju Jakarta dari Lampung, selain itu moda transportasi yang digunakan juga sangat mudah dan murah. Bagi Anda warga Lampung yang ingin pergi ke Jakarta, simak tips dan informasi berikut ini supaya Anda tidak bingung dan aman selama di perjalanan.

Dari Lampung ke Jakarta Menggunakan Jasa Travel Lampung

Cara pertama yang paling mudah untuk Anda lakukan adalah dengan menggunakan jasa travel. Apalagi bagi yang baru pertama kali ke Jakarta, karena dengan jasa travel perjalanan dilakukan secara door to door atau pintu ke pintu sehingga lebih aman. Jasa travel juga biasanya menyediakan fasilitas terbaik seperti gratis snack dan gratis penjemputan.

Di Lampung sendiri banyak jasa travel profesional yang akan mengantarkan Anda ke Jakarta baik Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Barat dan Utara. Perjalanan juga lewat jalur tol sehingga lebih cepat sampai dan bebas macet.

Harga tarif jasa travel Lampung ke Jakarta umumnya mulai dari Rp. 250.000. Dengan biaya tersebut, Anda akan diantar sampai ke depan rumah atau lokasi yang Anda inginkan.

Menggunakan Bus

Bus memang sudah sering digunakan untuk bepergian ke luar kota, termasuk Kota Jakarta. Anda bisa memilih berbagai jenis Bus yang tersedia, mulai dari Bus Damri atau bus swasta lain.

Saat menggunakan Bus, Anda juga bisa memilih apakah ingin melakukan perjalanan secara ngeteng atau langsung. Kedua jenis perjalanan ini punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Misalnya perjalanan ngeteng akan lebih murah, namun repot karena harus naik turun kendaraan. Jika perjalanan langsung tentu lebih nyaman tapi ongkos lebih mahal.

Tarif bus Damri dari Lampung ke Jakarta biasanya dikenakan harga mulai dari Rp. 250.000. Namun Anda akan diantar sampai ke stasiun bus Damri di Jakarta Pusat, dekat Monas. Anda bisa melanjutkan perjalanan ke lokasi tujuan Anda di Jakarta dengan ojek online, taksi atau busway.

Sedangkan jika Anda naik bus secara ketengan, tarif dari Bandar Lampung ke Pelabuhan Bakauheni Rp. 35.000, naik kapal Rp 15.000 kemudian setelah menyebrang ke Pelabuhan Merak, Anda bisa naik bus sesuai tujuan dengan harga Rp 40.000.

Tips naik bus secara ketengan adalah :

Pastikan Anda membaca arah tujuan bus yang bisa Anda lihat pada bagian kaca depan mobil. Hal ini untuk antisipasi salah jurusan.

Di perjalanan saat Anda turun dari mobil, pasti akan banyak orang yang menawarkan mobl bus selanjutnya. Anda tidak perlu takut, karena mereka merupakan karyawan bus yang sedang mencari penumpang tambahan. Namun ingat poin sebelum ini ya dan pastikan harganya sesuai dengan informasi di atas.

Simpan barang berharga Anda di dalam tas atau tempat yang aman. Usahakan jangan tidur di perjalanan, hanya untuk antisipasi kejadian buruk. Jika dirasa aman, Anda bisa bergantian tidur dengan penumpang sebelah.

Menggunakan Kendaraan Pribadi Motor dan Mobil

Banyak warga Lampung yang pergi ke Jakarta menggunakan kendaraan sendiri baik motor maupun mobil. Namun karena ini merupakan perjalanan yang jauh, sebaiknya Anda juga harus memastikan semua kondisi kendaraan dan fisik Anda aman.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan kendaraan pribadi, berikut rute yang terbaik yang bisa Anda coba.

Dari Bandar Lampung, Anda bisa lewat Jl Tol bakauheni Terbanggi Besar, atau lewat jalan bypass Soekarno Hatta ke arah Kalianda, lalu menyebrang lewat pelabuhan Bakauheni Merak. Lalu melanjutkan perjalanan ke Jl Tol Merak Jakarta / Jl Tol Tangerang.

Harga tol dari Bandar Lampung ke Pelabuhan Bakauheni adalah Rp 56.000. Menyebrang dengan mobil di Pelabuhan Bakauheni Rp 419.000, sedangkan untuk motor hanya Rp 54.500.

Demikian tips dan informasi cara ke Jakarta dari Lampung. Bagi Anda warga Palembang, Bengkulu, Jambi dan sekitarnya bisa menyesuaikan dengan informasi di atas. Semoga perjalanan Anda lancar dan aman.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image