Jika Pandemi Pergi, Berharap Sekolah Tatap Muka

Image
B-Haekal Hakim
Lomba | Monday, 27 Sep 2021, 15:57 WIB

(Kab.Bandung), Pandemi Covid-19 di indonesia masih terus terjadi. Naik turunnya angka peningkatan Covid-19 hingga kini mengingatkan masyarakat akan perlunya kewaspadaan tinggi terhadap genting nya Covid-19.

Upaya demi upaya tetap dicoba dan dilakukan demi terciptanya keseimbangan dalam berbagai sektor, tak terkecuali sektor pendidikan yang dikomandoi oleh Mentri Pendidikan Nadiem Makarim.

Baru-baru ini beredar berita tentang pembukaan sekolah tatap muka menimbulkan klaster baru yakni klaster sekolah. Diberitakan beberapa sekolah di daerah pulau jawa terjadi peningkatan Covid-19 sektor sekolah.

Peristiwa meningkatnya Covid-19 klaster sekolah merupakan ciri bahwa protokol kesehatan yang kendor dan tak diterapkan dalam lingkungan sekolah seperti sebagaimana adanya. Memang dalam regulasi protokol yang baik dicanangkan dapat mencegah penyebaran covid-19, namun ternyata kenyataan berubah menjadi kekhawatiran bagi orangtua murid tentang sekolah tatap muka.

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia, KPAI, Retno Listyarti, ikut menanggapi munculnya klaster sekolah setelah pembelajaran tatap muka (PTM) dibuka di beberapa daerah. Menurut pandangannya pembukaan sekolah tatap muka tidak seharusnya cepat dibuka mengingat program vaksin usia 12-17 belum dimaksimalkan.

"Sebenarnya selain infrastruktur, kami ini memang mendorong untuk adanya vaksinasi 12-17 tahun itu dipercepat."

"Dan bagi yang dibawah itu, apalagi pada kelas bawah, kelas 1,2,3, TK, dan Paud sebaiknya jangan dibuka, harus bersabar," kata Retno dalam tayangan video di kanal YouTube Kompas TV, Minggu (26/9/2021).

Dengan adanya kesadaran awal pemerintah dalam menanggapi kasus kecil ini, masyarakat berharap diberikan solusi dan jalan terbaik tentang pembelajaran efektif dikala pandemi. Kondisi ini meyakinkan bahwa hari ini indonesia masih digentayangi Virus Covid-19.

Harapanya masyarakat dapat hidup tenang tanpa dikelilingi rasa khawatir tentang pandemi, kemudian anak-anak kembali bersekolah dan bertemu dengan temannya. Tentu ini harus dilakukan dengan ketat, tingakatkan vaksinasi, memaksimalkan protokol kesehatan maka dengan kuasa Tuhan yang Maha Esa pandemi akan segera berlalu

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Game GTA SA Lite Versi Update yang Lebih Ringan

Image

3 Tip Anti Boncos dalam Investasi Saham

Image

Dosen dan Tenaga Pendidik Universitas Trisakti Ikuti Pelatihan di PPSDM Migas

Image

hanya tulisan yang dapat mewakili ...

Image

Islam dan Keberdayaan Finansial Wanita Muslimah

Image

MAHASISWA KKN GELAR SOSIALISASI PEMANFAATAN LAHAN SEMPIT BERSAMA KWT(Kelompok Wanita Tani) GAMPONG P

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image