Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image B-Haekal Hakim

Jika Pandemi Pergi, Berharap Sekolah Tatap Muka

Lomba | Monday, 27 Sep 2021, 15:57 WIB

(Kab.Bandung), Pandemi Covid-19 di indonesia masih terus terjadi. Naik turunnya angka peningkatan Covid-19 hingga kini mengingatkan masyarakat akan perlunya kewaspadaan tinggi terhadap genting nya Covid-19.

Upaya demi upaya tetap dicoba dan dilakukan demi terciptanya keseimbangan dalam berbagai sektor, tak terkecuali sektor pendidikan yang dikomandoi oleh Mentri Pendidikan Nadiem Makarim.

Baru-baru ini beredar berita tentang pembukaan sekolah tatap muka menimbulkan klaster baru yakni klaster sekolah. Diberitakan beberapa sekolah di daerah pulau jawa terjadi peningkatan Covid-19 sektor sekolah.

Peristiwa meningkatnya Covid-19 klaster sekolah merupakan ciri bahwa protokol kesehatan yang kendor dan tak diterapkan dalam lingkungan sekolah seperti sebagaimana adanya. Memang dalam regulasi protokol yang baik dicanangkan dapat mencegah penyebaran covid-19, namun ternyata kenyataan berubah menjadi kekhawatiran bagi orangtua murid tentang sekolah tatap muka.

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia, KPAI, Retno Listyarti, ikut menanggapi munculnya klaster sekolah setelah pembelajaran tatap muka (PTM) dibuka di beberapa daerah. Menurut pandangannya pembukaan sekolah tatap muka tidak seharusnya cepat dibuka mengingat program vaksin usia 12-17 belum dimaksimalkan.

"Sebenarnya selain infrastruktur, kami ini memang mendorong untuk adanya vaksinasi 12-17 tahun itu dipercepat."

"Dan bagi yang dibawah itu, apalagi pada kelas bawah, kelas 1,2,3, TK, dan Paud sebaiknya jangan dibuka, harus bersabar," kata Retno dalam tayangan video di kanal YouTube Kompas TV, Minggu (26/9/2021).

Dengan adanya kesadaran awal pemerintah dalam menanggapi kasus kecil ini, masyarakat berharap diberikan solusi dan jalan terbaik tentang pembelajaran efektif dikala pandemi. Kondisi ini meyakinkan bahwa hari ini indonesia masih digentayangi Virus Covid-19.

Harapanya masyarakat dapat hidup tenang tanpa dikelilingi rasa khawatir tentang pandemi, kemudian anak-anak kembali bersekolah dan bertemu dengan temannya. Tentu ini harus dilakukan dengan ketat, tingakatkan vaksinasi, memaksimalkan protokol kesehatan maka dengan kuasa Tuhan yang Maha Esa pandemi akan segera berlalu

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image