Indahnya Pernikahan Yang Didasari Cinta Karena Allah

Image
dua muslim
Gaya Hidup | Sunday, 22 May 2022, 09:46 WIB

Indahnya Pernikahan Yang Didasari Cinta Karena Allah - Bahtera rumah tangga yang sakinah mawadah warohmah merupakan dambaan setiap pasangan, namun hal tersebut perlu diupayakan agar benar benar terwujud nyata dalam sebuah rumah tangga.

Pernikahan sendiri bukan hanya sekedar menyebar bingkai undangan kepada teman, karib kerat maupun sanak family. Namun ada hal yang sangat besar yang harus dipersiapkan dalam menjalani rumah tangga.

Dalam islam, sudah diberikan petunjuk yang nyata berupa hadits Nabi Shalallahu'alaihi Wa Sallam dan juga ayat ayat Al Quran tentang memilih pasangan.

Dalam hadits Nabi Shalallahu'alaihi Wa Sallam disebutkan ketika seorang laki laki hendak meminang wanita maka dianjurkan untuk memiliki 4 perkara, yakni :

1. Wajahnya
2. Hartanya
3. Keturunannya
4. Agamanya

Dalam hadits diatas menunjukan bahwasannya Rasulullah Shalallahu'alaihi Wa Sallam memang sangat realistis, karena manusia itu pada umumnya menyukai hal hal yang indah dan cantik.

Sepertihalnya dalam memilih pasangan, Nabi Shalallahu'alaihi Wa Sallam menyarakan untuk memiliki dari fisiknya terlebih dahulu lalu setelahnya dan setelahnya.

Namun jika disuruh memilih, maka Agama adalah yang paling utama.

Hal tersebut menunjukan idealisme yang harus dipegang umat Muhammad Shalallahu'alaihi Wa Sallam, kenapa demikian ?

Pastilah ada maksud kenapa Agama itu diletakkan di akhir namun ditekankan.

Nah, Agama sendiri merupakan jembatan untuk hamba agar mencintai penciptanya yakni Allah Azza Wa Jalla.

Dan ini merupakan kunci utama agar kehidupan berumah tangga kelak bisa terwujud menjadi keluarga yang sakinah, mawadah warahmah.

Karena mustahil terwujud jika agama tidak dilibatkan dan menjadi hal utama dalam membentuk rumah tangga yang baik.

Dengan mendasari cinta kepada Allah Ta'ala yang merupakan pemiliki alam semesta dan yang memegang hati hati manusia diantara jari jemari-Nya, jika ridho Allah Ta'ala turun kepada pasangan yang sama sama mencintai karena Allah maka pernikahan yang indah akan terwujud.

Dan jika kita ambil sebab dari 3 hal yang pertama dalam hadits Rasulullah Shalallahu'alaihi Wa Sallam tentang memilih pasangan, maka dapat kita ambil pelajaran besar,

Wajah itu akan berubah seiring waktu, dimasa muda seseorang itu bisa terlihat cantik atau tampan, namun setelah kulit mengeriput maka label cantik/tampan itu akan hilang pada diri seseorang.

Kemudian harta, harta itu sifatnya tidak abadi dan tidak menjadi penentu dalam membentuk keluarga yang indah sesuai syariat. Kebanyakan ujian berupa harta malah membuat manusia itu lupa dan jauh dari Allah Azza Wa Jalla, apalagi untuk membentuk keluarga yang indah, akan sulit menjadikan patokan harta sebagai standartnya.

Lalu keturunan, sama seperti harta, keturunan juga tidak menjamin apakah bisa membentuk keluarga yang indah dalam pandangan islam.

Namun jika kita mengutamakan Agama, maka kesemua hal diatas akan menjadi baik dan berdampak baik juga dalam kehidupan berumah tangga.

Itulah kenapa Agama diletakan diakhir dan ditekankan untuk dipilih paling utama, karena dengan mendasarkan cinta kepada Allah melalui agama akan memudahkan pasangan dalam mengarungi rumah tangga.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Seorang muslim yang ingin berubah menjadi lebih baik

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Sejarah Perencanaan Pembangunan di Indonesia

Image

Dzulhijjah Momen Meraih Takwa

Image

Kapan Puasa Idul Adha 2022 dimulai? Ini Penjelasan dari Kemenag

Image

Savefrom YT: Convert YouTube MP4 Jadi MP3 ke Galeri HP

Image

VidMate: Aplikasi Convert YouTube To MP3 dan MP4 Paling Kekinian

Image

YTMP3 : Download Lagu dan Musik YouTube Jadi Audio MP3 Gratis!

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image