Giat Ekstrakurikuler selalu Menyenangkan Peserta Didik

Image
Slamet Samsoerizal
Guru Menulis | Saturday, 21 May 2022, 08:02 WIB
Giat ekskul selalu menyenangkan peserta didik (sumber: SS-Darindo)

Dua tahun pandemi Covid-19 (2020-2021) berimbas pada giat ekstrakurikuler (ekskul) di semua satuan pendidikan jenjang sekolah. Padahal, kegiatan ini dapat memberikan bekal dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik.

Apa yang dimaksud dengan ekstrakurikuler? Menurut Permendikbud RI Nomor 62 tahun 2014 tentang “Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah,” ekstrakurikuler adalah kegiatan pengembangan karakter dalam rangka perluasan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerja sama, dan kemandirian peserta didik secara optimal yang dilakukan di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler di bawah bimbingan dan pengawasan satuan pendidikan. Giat ekstrakurikuler sebagai wadah pengembangan potensi peserta didik, dapat memberikan dampak positif dalam penguatan pendidikan karakter. Peserta didik diharapkan dapat mengembangkan karakter profil Pelajar Pancasila yaitu : (1) berkebinekaan global, (2) bergotong royong, (3) kreatif, (4) bernalar kritis, (5) mandiri, dan (6) beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia.

Wajib dan Pilihan

Satuan pendidikan memiliki kewajiban menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler sebagai wahana memfasilitasi pengembangan bakat dan minat peserta didik. Itu sebabnya, giat ekstrakurikuler harus dikelola secara sistematis.

Ada dua jenis ekstrakurikuler yang dilaksanakan sekolah. Pertama, ekstrakurikuler wajib dan pilihan. Ekstrakurikuler wajib adalah kegiatan ekstrakurikuler yang wajib diselenggarakan oleh satuan pendidikan dan wajib diikuti oleh seluruh peserta didik. Peraturan Permendikbud RI Nomor 63 tahun 2014 tentang “Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah” menyatakan, bahwa ekstrakurikuler Wajib yang dimaksud berbentuk pendidikan kepramukaan.

Ekstrakurikuler pilihan adalah kegiatan ekstrakurikuler yang dapat dikembangkan dan diselenggarakan oleh satuan pendidikan dan dapat diikuti oleh peserta didik sesuai bakat dan minatnya masing-masing. Pilihan bidang yang dikembangkan tiap sekolah akan berbeda-beda seperti eksktrakurikuler jurnalistik, seni, olahraga, sains, maupun keagamaan, dan sebagainya.

7 Strategi Sekolah

Selain giat ekstrakurikuler wajib, sekolah perlu menentukan pilihan prioritas kegiatan ekstrakurikuler yang akan diselenggarakan berdasarkan analisis potensi dan minat peserta didik. Tak kalah penting kemampuan sekolah dalam memenuhi sumberdaya yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler. Sekolah dapat mengembangkan bentuk kegiatan selain daripada yang tersebut di atas berdasarkan kearifan lokal dan kondisi sosial masyarakat di lingkungan sekolah. Satuan pendidikan juga perlu memikirkan daya dukung lain untuk kesinambungan pembinaan kegiatan ekstrakurikuler yang diprogramkan.

Daya dukung lain misalnya menyediakan kegiatan yang bersifat kompetitif-prestatif bagi peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan kompetitif-prestatif yang dapat dilakukan misalnya, menyelenggaraan kompetisi ketrampilan ekstrakurikuler di tingkat satuan pendidikan, mengikutsertakan peserta didik yang dibina melalui ekstrakurikuler dalam kegiatan festival, lomba, olimpiade, atau kegiatan kompetitif-prestatif di luar sekolah.

Secara khusus, sekolah perlu menerapkan delapan strategi yakni: mengidentifikasi jenis ekskul, penyiapan sumber daya manusia, sosialisasi, pelaksanaan program, apresiasi, evaluasi, dan rencana tindak lanjut.

Kegiatan kompetitif-prestatif dapat menjadi salah satu bentuk evaluasi pelaksanaan ekskul pada satuan pendidikan. Dengan melihat prestasi peserta didik dalam sebuah kompetisi, tim pembina dapat melakukan evaluasi terhadap program ekskul serta mengembangkannya menjadi lebih baik pada masa berikutnya. Di sisi lain, melalui kegiatan kompetitif dapat meningkatkan rasa percaya diri anak terhadap hasil usaha latihannya dalam mengikuti kegiatan ekskul.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Negeri Plastik

Minyak Goreng Masuk ke Kelas

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Zikir Pagi

Image

Savefrom IG: Cara Gampang Download Video Sorotan di Instagram

Image

Left and Right - Charlie Puth ft Jungkook BTS Download MP3 Gratis!

Image

Begini Cara Menata Kamar Mungil Menjadi Tampak Lebih Luas

Image

Tokoh Inspiratif: Mengenal Imam Utama Masjid Al Ikhlas Sawangan

Image

Kepala Divisi Hukum Serikat Pekerja Transjakarta Muslihan Aulia Haris, SH membuat Pengaduan ke Bidan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image