Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Azzahra Mubyaring

Upaya Mencegah Stunting, Mahasiswa UPN Veteran Jatim Lakukukan Sosialisasi

Gaya Hidup | Friday, 20 May 2022, 14:08 WIB

Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur yang tergabung dalam Kelompok 101 Kuliah Kerja Nyata Tematik bersama menyelenggarakan sosialisasi mengenai kesehatan ibu hamil, ASI, MPASI, dan kecukupan gizi pada balita untuk pencegahan stunting. Kegiatan ini diselenggaran dengan meriah di Balai Desa Bandarasri, Mojokerto, pada 22 Kamis yang dihadiri lebih dari 40 ibu – ibu (21/04/2022).

Kegiatan ini merupakan satu dari beberapa program kerja mahasiswa KKN yang didasarkan pada pentingnya peningkatan kesadaran ibu – ibu dan kader yang perlu bekerja sama secara katf dan memahami dengan baik mengenai pencegahan adanya stunting yang dapat mengganggu tumbuh kembang anak. Melalui sosialisasi ini, pasangan muda, ibu hamil, ibu menyusui, ibu dengan anak balita, serta kader menyimak materi yang disampaikan oleh dua narasumber yang dihadirkan oleh mahasiswa KKN-T Kelompok 101.

Ibu Setyorini (Kepala Puskesmas Pembantu Desa Bandarasri, Ngoro, Mojokerto) yang hadir sebagai narasumber menyampaikan pentingnya memenuhi kebutuhan makanan dan menjaga kesehatan ibu hamil untuk mempersiapkan kelahiran anak yang sehat dan kuat. Kemudian dilanjutkan dengan Ibu Dewi Kurniasari (Ahli Gizi Puskesmas Ngoro, Mojokerto) yang juga hadir sebagai narasumber dengan baik memaparkan mengenai kecukupan gizi untuk bayi hingga balita untuk mencegah terjadinya stunting pada anak.

Mahasiswa KKN bersama dengan kedua narasumber

“Anak saya sudah 10 bulan tapi belum bisa merangkak, apakah ini normal?” tanya Ibu dengan seorang anak balita pada sesi tanya jawab. Pertanyaan ini dijawab dengan penjelasan dengan detail mengenai bagaimana tumbuh kembang anak yang normal oleh kedua narasumber. Pertanyaan lain juga hadir dari ibu – ibu dan kader puskesmas guna meningkatkan pemahaman mengenai pencegahan stunting.

Sosialisasi diakhiri dengan penyerahan plakat untuk kedua narasumber. Kemudian dilanjut dengan penyerahan lata ukur Panjang bayi dari KKNT Kelompok 101 UPN Veteran Jatim kepada Kepala Puskesmas Pembantu Desa Bandarasri Mojokerto.

“Antusiasme yang luar biasa dari Ibu – Ibu dan kolaborasi yang baik dengan kader puskesmas. Kami harap hari ini menjadi awal untuk bersama – sama mencegah stunting,” pungkas moderator.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image