Kiat Menulis: 5 Cara Temukan Ide Tulisan Menarik

Image
Yudha Manggala P Putra
Eduaksi | Friday, 24 Sep 2021, 16:59 WIB

Ide adalah benih sebuah tulisan. Setiap tulisan bermula dari ide. Namun, menemukan ide menarik seringkali tantangan bagi penulis. Kadang mudah datang. Kadang buntu.

Lalu bagaimana mengatasinya? Berikut lima kiat menemukan ide menarik untuk tulisanmu ala Retizen.id:

1. Coba dari Hal-Hal 'Sepele'

Ide menarik bisa datang dari hal-hal ringan dan sederhana. Mulailah dari kegiatanmu sehari-hari. Menyisir rambut, misalnya. Ia terkesan sepele. Namun, kalau digali, banyak ide tulisan bisa muncul dari sana.

Contoh, siapa sih penemu sisir rambut? Sejak kapan sisir digunakan? Kenapa bentuk sisir seperti itu? Nah, dari situ saja kamu bisa mengolahnya menjadi informasi yang menarik.

Itu baru sisir ya. Kita bahkan belum sampai ke soal rambut. Banyak juga yang bisa dibahas. Mulai dari jumlah rambut misalnya. Pernah nggak sih kamu tahu ada berapa helai rambut di kepala seseorang pada umumnya? Ratusan, ribuan? Atau kenapa rambut bisa keriting? Warnanya kok bisa ada pirang, ada hitam?

2. Membaca

Membaca membuka jendela pikiran dan wawasan. Ia juga bisa memancing ide dan gagasan. Rajinlah membaca. Baik buku, surat kabar, majalah, situs berita online, blog, dan tulisan-tulisan lainnya.

Dengan membaca berita, misalnya, kamu dapat mengetahui kejadian terbaru, kabar terhangat, atau topik yang sedang viral. Bila menurutmu ada yang unik dan menarik dari situ, tulislah. Tanggapi, misalnya, soal itu dari sudut pandangmu.

3. Mulai dari Pertanyaan

Mencari ide dapat dimulai dengan bertanya. Mulailah dari yang sering kamu ajukan ke diri sendiri. Pertanyaan yang mungkin kamu ajukan sekarang "bagaimana sih mencari ide tulisan?" pun sudah bisa menjadi tulisan menarik. Tulislah pengalamanmu saat 'kekeringan' ide, upaya mencari solusi, menemukan, dan mengatasinya. Bisa berupa tips-tips buat pembaca soal caramu mengatasinya dan berhasil.

4. Lihat Sekitar

Hal menarik selalu terjadi di sekitar kita. Baik di rumah, sekolah, kantor, hingga jalanan sekitar. Berjalan-jalanlah ke luar. Persiapkan mata dan pikiran untuk hal-hal baru. Nyalakan mode penasaranmu. Amati seksama hal menarik yang mungkin luput dan sempat diabaikan sebelumnya. Catat dan kumpulkan. Lihat-lihat kembali daftarnya nanti. Siapa tahu, ada ide menarik yang bisa kamu kembangkan menjadi tulisan.

5. Menonton?

Tidak hanya membaca. Menonton pun dapat memicu ide. Pengalaman usai menonton televisi atau Youtube misalnya, bisa saja menjadi gagasan tulisan menarik. Kamu bisa menulis ulasan, kritik, atau opini soal itu. Selain menonton, mendengarkan podacast/radio dan musik, bermain gim, makan, dan kegiatan santai lainnya juga bisa mendatangkan ide.

Yap. Ide menarik untuk tulisan pada dasarnya bisa datang dari mana saja. Tergantung sejauh mana kejelianmu menangkap dan merumuskannya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pewarta. Penggemar olah-canda. Penikmat musik dan film. Peminum kopi. Penyuka mi ayam. Pemula yang masih butuh belajar banyak hal.

Tepuk Jidat

Secangkir Kopi untuk Seteru

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Menangisi Kehilangan, Ihwal Manusia yang Posesif

Image

Tokoh-Tokoh Ahlusunnah wal Jama'ah

Image

Sejarah Terbunuhnya Husain bin Ali

Image

Mengenal Konsep Syiah Imamiyah dan Perkembangannya di Indonesia

Image

Kamu Harus Tahu, Ini Cara Mudah Menghapus Follower TikTok yang Menyebalkan

Image

Proses Konversi Golongan Syiah dan Khawarij

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image