Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rizka Yenidiniarti

KESDM Tingkatkan IP ASN di Bidang Proses Tekhnologi & Keekonomian LNG

Eduaksi | Thursday, 19 May 2022, 09:11 WIB
Foto pelatihan

Pusat pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) menyelenggarakan pembukaan Pelatihan Proses Tekhnologi & Keekonomian LNG Program IP ASN Kementerian Energi Dan Sumber Daya Manusia (KESDM) pada hari Selasa (17/05/2022). Pelatihan ini diikuti oleh pegawai KESDM yang terdiri dari beberapa satker yaitu, BPH Migas, Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi, BPSDM, dan Inspektorat ESDM.

Pembukaan pelatihan ini dihadiri oleh Sontoro, Sub Kelompok Kerja Pelatihan PPSDM Migas.

Dalam sambutannya, Suntoro mengungkapkan rasa terima dan apresiasi yang tinggi kepada peserta pelatihan, yang sudah sangat semangat dalam menghadiri pelatihan ini, karena pelatihan tersebut dilaksanakan secara tatap muka.

“Di tengah pandemic Covid 19 yang sampai sekarang masih ada, maka kita patut bersyukur karena kita masih bisa melaksanakan pelatihan secara tatap muka dengan memperhatikan protokol Kesehatan yang sangat ketat. Semoga dengan adanya pelatihan ini dapat memberikan kebermanfaatan yang optimal kepada ASN KESDM yang nantinya setelah mengikuti pelatihan ini dapat menjadi ASN yang handal dan berkompeten dibidangnya. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dari awal sampai akhir,” tutur Suntoro

Pelatihan tersebut dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, yakni dimulai pada hari Selasa, tanggal 17 Mei 2022 sampai dengan tanggal 19 Mei 2022.

Mohammad Hasan Syukur, salah satu pengajar sekaligus pemimpin pelatihan, mengungkapkan bahwa “selama mengikuti pelatihan tersebut, para peserta mendapatkan materi berupa, LNG product characteristics and specifications, Gas Conditioning, Gas Processing, LNG Storage, loading/offloading and Transport, Technology of LNG Specific Equipments, LNG economics aspects”, ungkap Hasan.

Salah satu peserta pelatihan dari BPH Migas, Ade Irawan, mengungkapkan bahwa banyak sekali ilmu baru yang ia dapatkan.

“Kebetulan saya backgroundnya sarjana hukum dan kebetulan sehari-hari juga menangani Bahan Bakar Minyak di unit saya, jadi untuk pelatihan ini saya mendapatkan ilmu baru terkait dengan Gas Bumi khususnya LNG. Disini saya mengetahui bahwa ternyata teknologi LNG itu tidak semudah kelihatannya, banyak hal yang ternyata rumit dan biaya yang besar untuk penyediaan kebutuhan gas bumi melalui LNG, dan sebagian besar ternyata teknologi yg digunakan masih berasal dari luar negeri, jadi dengan pelatihan ini menambah wawasan saya terkait dengan peyediaan gas bumi melalui LNG khususnya terkait dengan teknologi dan keekonomiannya” tutur Ade.

Hal senada juga diungkapkan oleh Arif Nurrahman, salah satu peserta dari PEM Akamigas juga mengungkap hal senada yakni ia mendapatkan ilmu baru.

“Selama Pelatihan saya mendapatkan, Informasi dan pengetahuan tentang Proses LNG, Teknologi peralatan Pembuatan LNG, Pengetahuan tentang Jenis Storage dan Proses Loading Unloading LNG serta Keekonomian LNG. Penyampaian pengajarnya, sangat memuaskan, karena seorang Praktisi yang menguasai Proses dan Teknologi dari LNG, pengetahuan pengajar yang sudah mumpuni sehingga pengetahuan sesuai tujuan Diklat ini bisa terpenuhi”, tutup Arif.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image