Tiga Keutamaan Membaca Surat Al-Mulk Rutin Sebelum Tidur

Image
Hamdani
Agama | Wednesday, 22 Sep 2021, 21:39 WIB
Hikmah membaca Surat Al-Mulk | Republika

Salah satu surah yang ada di dalam Al Quran adalah Surah Al- Mulk. Surah Al-Mulk termasuk surah Makiyah (surah yang diturunkan di Mekah) yang terdiri dari 30 ayat. Dalam surah Al-Mulk terkandung makna yang dalam tentang kekuasaan Allah SWT dalam penciptaan dunia. Surah Al-Mulk dianjurkan untuk dibaca setiap hari khususnya sebelum tidur sebagaimana yang disebutkan dalam hadits berikut :

Telah menceritakan kepada kami Huraim bin Misar At Tirmidzi telah menceritakan kepada kami Al Fadhl bin Iyadh dari Laits dari Abu Az Zubair dari Jabir bahwa,

Tidaklah Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam tidur hingga baginda membaca Alif laam miim tanzil (surah As-Sajdah) dan Tabarokalladzi bi yadihil mulk (Surah Al-Mulk)" ( HR Tirmidzi)

Banyak keutamaan yang dapat diambil dari kebiasaan membaca Surat Tabarok (Surah Al-Mulk) yang merupakan awal Juz 29.

Berikut beberapa keutamaan yang boleh kita peroleh dengan membaca surah Al-Mulk setiap malam sebelum tidur sebagaimana dilansir channel Mutiara Hikmah:

1. Diampuni dosa-dosanya

Dari Abu Hurairah, Nabi -Shallallahu Alaihi Wasallam- bersabda, yang artinya:

Ada surah dari Al-Quran yang terdiri dari 30 ayat, Surah tersebut dapat memberikan syafaat bagi temannya (yakni orang yang banyak membacanya) sehingga orang tersebut diampuni dosanya, yaitu: Surah Tabarokalladi bi yadihil mulk. (HR. Abu Daud dengan redaksinya, diriwayatkan pula oleh At-Tirmidzi dan yang lainnya. Hadist tersebut sahih dan telah di-sahih-kan oleh Ibnu Hibban, al-Hakim, dan adz-Dzahabi, sedangkan at-Tirmidzi dan Albani menghasankannya)

Anas bin Malik mengatakan, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, yang artinya:

Ada surah dari Al-Quran, ia hanya terdiri dari 30 ayat, Surah tersebut dapat membela temannya sehingga memasukkannya ke surga, yaitu: Surah Tabarok. (HR. Thobaroni dalam Mujamul Ausath, dan dihasankan oleh Albani dalam Sohihul Jami)

2. Dihindarkan dari siksa kubur dan siksa neraka

Keutamaan kedua yang dapat diperoleh dari membaca surah Al-Mulk adalah dijauhkan dari siksa kubur dan siksa neraka yang pedih.

Dari Abdullah bin Masud mengatakan:

Barangsiapa membaca surah Tabarokalladi bi yadihil mulk setiap malam, maka Allah menghindarkannya dari azab kubur, dan dahulu kami (para sahabat) di saat Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam- (masih hidup) menamainya al-Maniah (penghindar/penghalang). Sungguh surah tersebut ada dalam Kitabullah. Barangsiapa membacanya dalam suatu malam, maka ia telah banyak berbuat kebaikan (HR. Nasai dengan redaksinya, diriwayatkan pula oleh Al-Hakim dan ia mengatakan: sanadnya shahih, dan dihasankan oleh Albani)

Melihat keterangan hadist tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahwa memperbanyak membaca Surah Al-Mulk dapat menghindarkan seseorang dari siksa kubur dan siksa neraka.

3. Menjauhkan diri dari maksiat

Dalam surat Al Mulk disebutkan bahwa orang yang taat pada Allah adalah orang yang tetap taat meskipun tidak ada yang melihat sebagaimana dalam firman Allah SWT, yang artinya,

Mereka itu takut pada Allah di kesunyian ketika mereka tidak nampak di hadapan manusia lainnya. Mereka pun taat pada Allah dalam keadaan sembunyi-sembunyi. Tentu saja dalam keadaan terang-terangan, mereka pun lebih taat lagi pada Allah ( Surah Al-Mulk ayat 12 )

Oleh karena itu orang yang beriman itu adalah orang yang taat pada Allah SWT meskipun ketika seorang diri dan takut berbuat maksiat kepada Allah SWT.

Sebagaimana dijelaskan oleh Syaikh As Sadi,

Mereka takut pada Allah dalam setiap keadaan sampai-sampai pada keadaan yang tidak ada yang mengetahui amalan mereka kecuali Allah. Mereka tidak melakukan maksiat dalam kesunyian. Mereka pun tidak mengurangi ketaatan mereka ketika itu.

Semoga bermanfaat.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Menyukai Tulisan-tulisan Sosial, Humaniora, Ekonomi, dan Agama. Pegiat UMKM, Praktisi Pajak, Konsultan Keuangan, TPU KKP.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Menangisi Kehilangan, Ihwal Manusia yang Posesif

Image

Tokoh-Tokoh Ahlusunnah wal Jama'ah

Image

Sejarah Terbunuhnya Husain bin Ali

Image

Mengenal Konsep Syiah Imamiyah dan Perkembangannya di Indonesia

Image

Kamu Harus Tahu, Ini Cara Mudah Menghapus Follower TikTok yang Menyebalkan

Image

Proses Konversi Golongan Syiah dan Khawarij

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image