Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas Bapas Kelas II Musi Rawas Utara

Balai Pemasyarakatan Kelas II Musi Rawas Utara Gelar Upacara Hardiknas

Politik | Tuesday, 17 May 2022, 08:52 WIB

Musi Rawas Utara - Balai Pemasyarakatan Kelas II Musi Rawas Utara Kemenkumham Sumatera Selatan menggelar kegiatan upacara dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di halaman lapangan Balai Pemasyarakatan Kelas II Musi Rawas Utara Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, pada Jum'at lalu (13/05).

Upacara Hari Pendidikan Nasional di halaman Lapangan Balai Pemasyarakatan Kelas II Musi Rawas Utara Kemenkumham Sumsel (Sumber: Dokumentasi Tim Humas Bapas Muratara)

Dalam penyelenggaraan kegiatan upacara Hardiknas tersebut, Sudarmanto selaku Inspektur upacara mengenakan pakaian adat tradisional. Kegiatan upacara Hardiknas dilaksanakan dengan berpegang pada Pedoman Upacara Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 sesuai surat edaran Sekjen Nomor : SEK-UM.04.01-132 tanggal 12 Mei 2022.

Dalam agenda amanat pembina upacara, Sudarmanto selaku Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas II Musi Rawas Utara Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, Sudarmanto mengutip isi amanat bahwa banyak sekali tantangan yang harus dihadapi bersama dalam dunia pendidikan.

Perubahan positif dari Merdeka Belajar dirasakan banyak orang. Tidak hanya dirasakan dampaknya oleh guru dan murid Indonesia, namun telah digaungkan pula melalui Presidensi G20 dimana Indonesia merupakan tuan rumahnya.

"Hari ini adalah bukti bahwa kita telah jauh lebih tangguh. Kita lebih kuat dan berani untuk mencoba melewati tantangan. Hari ini kita membuktikan bahwa kita tidak lagi hanya menjadi pengikut, namun kita adalah pemimpin dari gerakan pemulihan dunia," ujar Sudarmanto mengutip isi pidato.

Dalam amanat pembina upacara disampaikan pula sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Tekhnologi (Nadiem Makarim) juga disampaikan beberapa hal tentang Kurikulum Merdeka, bahwa Kurikulum Merdeka yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran. Kini Kurikulum Merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Itu berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan.

Hardiknas tahun ini bertema 'Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar'. Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Mei yang dilaksanakan hari ini juga diselenggarakan secara serentak di seluruh satuan kerja Kementerian Hukum dan HAM.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image