Balai Pemasyarakatan Kelas II Musi Rawas Utara Gelar Upacara Hardiknas

Image
Humas Bapas Kelas II Musi Rawas Utara
Politik | Tuesday, 17 May 2022, 08:52 WIB

Musi Rawas Utara - Balai Pemasyarakatan Kelas II Musi Rawas Utara Kemenkumham Sumatera Selatan menggelar kegiatan upacara dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di halaman lapangan Balai Pemasyarakatan Kelas II Musi Rawas Utara Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, pada Jum'at lalu (13/05).

Upacara Hari Pendidikan Nasional di halaman Lapangan Balai Pemasyarakatan Kelas II Musi Rawas Utara Kemenkumham Sumsel (Sumber: Dokumentasi Tim Humas Bapas Muratara)

Dalam penyelenggaraan kegiatan upacara Hardiknas tersebut, Sudarmanto selaku Inspektur upacara mengenakan pakaian adat tradisional. Kegiatan upacara Hardiknas dilaksanakan dengan berpegang pada Pedoman Upacara Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 sesuai surat edaran Sekjen Nomor : SEK-UM.04.01-132 tanggal 12 Mei 2022.

Dalam agenda amanat pembina upacara, Sudarmanto selaku Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas II Musi Rawas Utara Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, Sudarmanto mengutip isi amanat bahwa banyak sekali tantangan yang harus dihadapi bersama dalam dunia pendidikan.

Perubahan positif dari Merdeka Belajar dirasakan banyak orang. Tidak hanya dirasakan dampaknya oleh guru dan murid Indonesia, namun telah digaungkan pula melalui Presidensi G20 dimana Indonesia merupakan tuan rumahnya.

"Hari ini adalah bukti bahwa kita telah jauh lebih tangguh. Kita lebih kuat dan berani untuk mencoba melewati tantangan. Hari ini kita membuktikan bahwa kita tidak lagi hanya menjadi pengikut, namun kita adalah pemimpin dari gerakan pemulihan dunia," ujar Sudarmanto mengutip isi pidato.

Dalam amanat pembina upacara disampaikan pula sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Tekhnologi (Nadiem Makarim) juga disampaikan beberapa hal tentang Kurikulum Merdeka, bahwa Kurikulum Merdeka yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran. Kini Kurikulum Merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Itu berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan.

Hardiknas tahun ini bertema 'Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar'. Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Mei yang dilaksanakan hari ini juga diselenggarakan secara serentak di seluruh satuan kerja Kementerian Hukum dan HAM.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Update Info Seputar Balai Pemasyarakatan Kelas II Musi Rawas Utara - Tim Humas Balai Pemasyarakatan Kelas II Musi Rawas Utara Kemenkumham Sumatera Sel

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

PK Bapas Purwokerto Tindaklanjuti Usulan Pembebasan Bersyarat

Image

Pastikan Kondisi Aman, Petugas Rutan Jepara Rutin Lakukan Trolling

Image

Pembayaran Pajak Sarang Burung Walet Menuai Pro dan Kontra

Image

Mengenal Apa Itu Delik Pers. Apakah Hanya Berkutat Pada Kesalahan Pers?

Image

Kunjungi Rutan Jepara, Ustadz Abdurahman Berikan Tausiyah Kepada Ratusan WBP

Image

Gelar Yasinan Rutin, Kalapas Brebes : Intropeksi Diri Sarana Jadi Pribadi Baik

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image