Kiprah Mualaf dimasa Rasul, yang mana idolamu ?

Image
Ika Bunda i i
Agama | Thursday, 16 Sep 2021, 05:49 WIB

Kiprah Mualaf dimasa Rasul, yang mana idolamu ?

Pada awal dakwah Rasul, tentu ada manusia-manusia pertama yang menerima dakwah beliau. Dan mereka adalah golongan manusia special karena mengimani sesuatu yang baru mereka dengar. Sehingga wajar jika Allahpun menjamin mereka dengan syurga.sebanding dengan tentangan orang kafir disekeliling mereka.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

وَا لسّٰبِقُوْنَ الْاَ وَّلُوْنَ مِنَ الْمُهٰجِرِيْنَ وَا لْاَ نْصَا رِ وَا لَّذِيْنَ اتَّبَعُوْهُمْ بِاِ حْسَا نٍ ۙ رَّضِيَ اللّٰهُ عَنْهُمْ وَرَضُوْا عَنْهُ وَاَ عَدَّ لَهُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ تَحْتَهَا الْاَ نْهٰرُ خٰلِدِيْنَ فِيْهَاۤ اَبَدًا ۗ ذٰلِكَ الْـفَوْزُ الْعَظِيْمُ

"Dan orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) di antara orang-orang Muhajirin dan Ansar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah rida kepada mereka dan mereka pun rida kepada Allah. Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang agung."

(QS. At-Taubah 9: Ayat 100)

Sahabat nabi adalah Sahabat Nabi adalah orang-orang yang mengenal dan melihat langsung Nabi Muhammad, membantu perjuangannya dan meninggal dalam keadaan Muslim. Secara terminologi, kata á¹£ahabat merupakan bentuk jama'/plural dari kata á¹£ahabi yang bermakna membersamai, mendampingi, dan berinteraksi langsung.

Jika kita amati dengan seksama, golongan pertama yang menerima Islam ini berasal dari lintas usia, beragam profesi baik laki-laki ataupun perempuan. Dan kita juga bisa menyebut mereka sebagai mualaf, dalam artian orang yang pertama masuk islam. Generasi awal yang menjadi tonggak penyebaran Islam dijadikan arab. Diantara mereka adalah

Sayidah Khadijah binti Khuwailid

Istri rasulullah, pengusaha dikalangan perempuan Mekkah. Beliau adalah manusia pertama Dan perempuan pertama yang membenarkan apa yang disampaikn oleh rasulullah. Beliau mewaqafkan seluruh hartanya untuk dakwah islam.

Zaid bin Haritsah

Zaid bin Haritsah merupakan orang pertama yang masuk Islam dari kalangan hamba sahaya. Setelah dibebaskan, Zaid kemudian diangkat menjadi anak oleh Rasulullah.

Setelah merdeka, ia dimulyakan sebaliknya muslim yang lain. Tanpa diskriminasi ia bisa berperan menyebarluaskan islam. Bahkan ia percaya menjadi panglima pada perang mu'tah.

Ali bin Abi Thalib

Usianya masih sekitar 8 tahunan saat memutuskan masuk islam. Ia adalah generasi Islam yang cerdas Dan pemberani. Dia termasuk timses agenda hijrah rasul. Nyawa ia pertaruhkan saat menggantikan rasul tidur di rumahnya. Dan sahabat Ali adalah kholifah ke 4 pasca rasulullah.

Abu Bakar Al-Shiddiq

Beliau adalah seorang tokoh, pengusaha muda, intelektual. Sahabat yang paling barakah keislamannya. Karena dari tangan beliau berislamlah banyak orang mekkah. Diantara adalah crazy rich mekkah. Yaitu abdurrahman bin auf, zubair bin awwam, utsman bin affan, thalhah bin ubaidillah, sa'ad bin abi waqash. Terbayang banyaknya investasi pahala yang diperoleh sahabat abu bakar.

Utsman bin Affan

Salah satu crazy rich Mekkah. Harta ketinggalan beliau saat wafat adalah 2 T. Beliau adalah khalifah ke 3 setelah Rasulullah. Beliau menyedekahkan 200.000 dinar hartanya, atau sekitar 388.293.000.000 rupiah.

Al-Zubair bin Al-Awwam

Selain termasuk dalam crazy rich Mekkah, sahabat Zubair mahir dalam bertarung sambil berkuda. Beliau satu-satunya sahabat yang konon selevel ketangkasannya dengan Khalid bin walid. Sahabat Zubair mampu mengendarai kuda perangnya saat kedua tangannya memegang pedang.

Abdurrahman bin Auf

Top crazy rich Mekkah. Usianya terpaut 10 tahun dengan Rasul. Dan kekayaannya bikin manusia saat ini pun geleng-geleng. Beliau meninggalkan 6T harta saat wafatnya. Selain harta yang berlebih beliau juga memiliki kebiasaan infaq yang berlebih juga.

Sa'ad bin Abi Waqqash

Adalah sosok pemuda 20 tahunan yang cerdas. Ia millenials yang gandrung juga dengan dunia bisnis. Sewajarnya yang luas membuatnya tertarik memeluk Islam setelah diskusi dengan sahabat abu bakar. Perkembangan dari keluarganya tak mampu menggoyahkan keyakinan barunya. Keputusannya berjalan menginspirsi tokoh pemuda hingga saat ini.

Thalhah bin Ubaidillah.

Sahabat Thalhah masih berkerabat dengan Rasulullah Dan abu bakar. Selain kaya, ia dikenal derwaman Dan suka bersedekah. Ia selalu membersamai rasul dalam setiap peperangan, kecuali Badar. Bodyguard Rasul yang dermawan ini mendapatkan banyak luka pada perang Uhud. Yang menunjukkan betapa ksatrianya sahabat rasul yang satu ini.

Itulah beberapa nama sahabat rasul yang pertama menerima Islam. Mualaf yang kontribusinya tidak perlu diragukan lagi. Teladan yang bisa kita jadikan acuan.

Secara fisik mereka keren, atletis mahir berkuda Dan berperang. Secara ekonomi mereka mapan, secara sosial mereka dermawan Dan berakhlaq. Mereka menjadi influencer Islam lintas zaman. Dimana kontribusinya nyata dalam menguatkan keimanan muslim Dan kemulyaan Islam. Bukan mualaf abal-abal yang doyan mengolok-olok sesama muslim Dan ajaran Islam.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Game GTA SA Lite Versi Update yang Lebih Ringan

Image

3 Tip Anti Boncos dalam Investasi Saham

Image

Dosen dan Tenaga Pendidik Universitas Trisakti Ikuti Pelatihan di PPSDM Migas

Image

hanya tulisan yang dapat mewakili ...

Image

Islam dan Keberdayaan Finansial Wanita Muslimah

Image

MAHASISWA KKN GELAR SOSIALISASI PEMANFAATAN LAHAN SEMPIT BERSAMA KWT(Kelompok Wanita Tani) GAMPONG P

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image