WFH Kalau Demi Kebaikan Bersama Kenapa Tidak?

Image
Sigid PN
Guru Menulis | Wednesday, 11 May 2022, 20:50 WIB

Apabila kembali diberlakukan WFH oleh Pemerintah bagi kalangan ASN jika memang sudah jelas alasannya tentu saja harus mesti didukung dan ikuti aturannya. Apalagi jika demi menghindari penyebaran Virus Covid-19 yang belum jelas juntrungnya kapan lenyap dari bumi nusantara ini. Lagipula tidak mungkin Pemerintah memberlakukan WFH tanpa pertimbangan terlebih dahulu serta alasan yang jelas.

Saya juga yakin kalau para ASN dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan tekhnologi digital saat ini. Jadi, WFH kenapa tidak?

Tinggal kita persiapkan sebaik mungkin untuk mendukung WFH seperti fasilitas internet dan sebagainya. Kendala bisa muncul bagi daerah yang jaringan internetnya belum memadai dan ini menjadi PR kita bersama.

Setiap pilihan pasti ada dampak positif dan negatifnya, yang lebih bijak kita lakukan saat ini adalah bagaimana mengupayakan langkah-langkah yang mesti dilakukan untuk meminimalisir dampak negatif tersebut. Contoh, bagi guru ASN bila diberlakukan WFH bagaimana akibat yang dialami oleh peserta didiknya apakah akan mengalami learning loss?

Kemendikbud Ristek telah meluncurkan program merdeka belajar dan kurikulum merdeka untuk mengatasi learning loss tersebut yang memang melanda hampir setiap negara-negara di dunia.

Guru diharapkan untuk dapat berkreasi serta berinovasi menciptakan proses belajar bermakna. Untuk itu model pembelajaran blended learning bisa menjadi jalan keluar seperti ketika saat Pandemi Covid-19 merajalela hingga sekolah-sekolah menggunakan sistem PJJ atau PTM terbatas. Jadi sekali lagi apabila WFH kembali diberlakukan bagi ASN dan itu berdasarkan pertimbangan yang matang demi kebaikan bersama kenapa tidak?

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Guru, Founder Komunitas Guru Pelita Dunia, Aktivis Pendidikan dan Pegiat Literasi.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Seminar Integrasi Keilmuan di Unismuh: Ada Enam Model Relasi Sains dan Agama

Image

Sebagai Pelayan Publik, ASN Kemenkumham Jateng Diminta Jaga Kedisiplinan

Image

UM Bandung Kukuhkan dan Lantik Mahasiswa Baru di Auditorium KH Ahmad Dahlan

Image

Kalapas Batu Lakukan Peninjauan Pembangunan Lapas Nirbaya

Image

Penguatan Tugas dan Fungsi oleh Kakanwil dan Pimti kepada seluruh pegawai Lapas Surulangun

Image

Ini Jadwal Liga Champions Selasa Malam dan Rabu Dini Hari

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image