Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Deffy Ruspiyandy

5 Keuntungan Shalat Subuh Berjamaah di Masjid

Gaya Hidup | Wednesday, 11 May 2022, 09:06 WIB

Shalat merupakan kewajiban yang tak boleh ditinggalkan oleh setiap muslim dalam kondisi apapun. Perintah Shalat tentu sangat berkait erat dengan upaya kita mendekatkan diri kepada Allah dengan menjalankan perintah-Nya yang dilakukan sehari semalam sebanyak 5 kali.

Semua perintah Shalat memiliki pahala yang jelas dan telah dijanjikan oleh Allah. Bukan mengesampingkan fadillah keutamaan Shalat berjamaah pada waktu lainnya. Namun Shalat Subuh berjamaah di masjid ternyata memiliki keuntungan tersendiri yang banyak sekali manfaatnya bagi kaum muslimin. Dalam arti kata, Shalat Subuh berjamaah memiliki keutamaan tetapi dengan tidak melupakan Shalat berjamaah di waktu lainnya karena waktu Shalat semuanya baik dan sudah semestinya bagi kaum laki-laki untuk selalu Shalat berjamaah di masjid pada setiap waktu dan itu lebih baik dilakukan 5 kali sehari selalu di masjid.

Ribuan kaum muslimin melaksanakan Shalat Subuh berjamaah di masjid (FOTO :Republika.co.id/Edi Yusuf)

5 Keuntungan jika kita melakukan Shalat Subuh berjamaah di masjid diantaranya :

1. Pahalanya 27 derajat dibanding Shalat Munfarid

Setiap Shalat jelas memiliki pahala 27 derajat lebih tinggi dibanding Shalat Munfarid. Karena Shalat berjamaah itu itu sebaiknya selalu dilakukan di masjid. Jika kita mampu secara istiqomah melakukannya di masjid menunjukkan tanda keimanan kita selalu bagus dan intinya kita pun dapat dianggap orang yang mencintai masjid. Karena dengan seringnya kita ke masjid,s elain mampu melaksanakan ibadah yang diperintahkan oleh Allah juga akan membuat hati kita selalu tenteram dans elalu optimis di dalam menatap masa depan.

2. Ada Shalat Sunnah yang pahalanya sangat dahsyat

Bila kita Shalat Subuh berjamaah di masjid apalagi datangnya tidak telat maka setidaknya bisa melaksanakan Shalat Sunnah Syukrul Wudhu, Shalat Tahiyatul Masjid dan juga bisa melaksanakan Shalat Qobla Subuh yang pahalanya begitu dahsyat dan sayang kalau dilewatkan begitu saja.

"Dua raka'at fajar (salat sunah qobliyah subuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim no. 725).

3. Shalat Subuh berjamaah disaksikan malaikat

Justeru menariknya Shalat Subuh berjamaah ini langsung disaksikan oleh malaikat. Dengan begitu betapa menunukkan jika Shalat Subuh berjamaah itu begitu pneting artinya bagi umat Islam. Bahkan pihak Yahudi pernah mengatakan mereka takkan pernah gentar menghadapi umat Islam selama umat Islam belum mampu elaksanakan Shalat Subuh berjamaah seperti Shalat Jumat. Jadi kalau Shalat Subuh berjamaah sudah seperti Shalat Jumat maka kaum Yahudi akan ciut kepada umat Islam.

Artinya: "Laksanakanlah salat sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam dan (laksanakan pula salat) Subuh. Sungguh, salat subuh itu disaksikan (oleh malaikat)." (QS Al-Isra ayat 78)

4. Akan terbiasa melaksanakan Sedekah Subuh

Dengan terbiasa Shalat Subuh berjamaah di masjid maka kita akan keluar dari rumah dan niscaya memiliki kesempatan yang luas untuk melakukan sedekah Subuh. Karena dengan mampu memberikan sedekahs epagi itu maka banyaks ekali keuntungan yang akan kita dapat hari itu seperti dua malaikat yang mendoakan orang yang bersedekah dan yang tidak melakukan sedekah.

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

"Tidaklah sesorang hamba setiap harinya memasuki waktu pagi, melainkan terdapat dua malaikat yang turun, kemudian berdoa salah satunya " Ya Allah berikan ganti bagi setiap orang yang berinfak" dan malaikat satunya berdoa "Ya Allah berikanlah kehancuran bagi siapa saja yang bakhil atau enggan berinfak".

5. Sepagi itu kita mampu bersilaturahmi menjalin Ukhuwah Islamiyah

Dengan mampu melakukan Shalat Subuh berjamaah di masjid maka saat itu pula kita bisa bertemu dengan tetangga, rekan dan juga orang lain sesama muslim. Dengan bertemu dan saling sapa dengan mengucap assalamu alaikum dan menjawabnya dengan wa alaikum salam maka saat itu kita telah saling mendoakan untuk kebaikan kita bersama.

Karena itu jangan sampai kita melupakan untuk melakukan Shalat Subuh berjamaah karena dengan silaturahmi itu maka akan memanjangkan umur dan meluaskan rezeki. Maka biasakanlah Shalat Subuh berjamaah di masjid. kita

Inilah lima keuntungan apabila kita mampu melaksanakan Shalat Subuh berjamaah di masjid. Memang melakukan pembiasaan yang baik itu serba tidak mudah tetapi dengan azzam yang kuats emua itu bisa dilakukan. Ingatlah jika kita semakin mendekat kepada Allah maka Allah pun akans ellau dekat dengan kita. semakin dekat diri kita dengan-Nya maka tentu saja Dia akan sellau menyayangi kita setiap saat dan mengabulkan doa-doa kita.***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image