Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Seira J Royal

4 Tips Membuat Proposal Perusahaan Menarik ! Bikin Banjir Investor

Bisnis | Wednesday, 11 May 2022, 01:13 WIB

Bagi Anda yang sedang berbisnis atau mengelola instansi perusahaan, tentu menguasai ilmu marketing adalah sebuah kewajiban. Penerapan ilmu ini nantinya ditujukan untuk menggaet para investor yang akan menanamkan modal di perusahaan yang Anda miliki.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk bisa mendapatkan calon investor di sebuah perusahaan. Salah satunya adalah dengan membuat proposal bisnis perusahaan.

Proposal bisnis inilah yang akan digunakan untuk menarik para investor. Semakin bagus proposal perusahaan yang Anda buat, tentu semakin banyak juga investor yang tertarik untuk berinvestasi di perusahaan Anda.

Berikut ada beberapa tips dalam membuat proposal perusahaan yang menarik:

1. Buat Proposal yang Fleksibel

Proposal tentu merupakan gabungan konsep dan penawaran mengundang bagi investor. Jika ada sesuatu yang dalam proposal tersebut tidak cocok dengan investor, Anda bisa kaji kembali hal tersebut. Jika proposal berbentuk fleksibel dan bisa diubah sesuai kebutuhan investor, tentu saja bisnis Anda akan lebih cepat disetujui.

Untuk membuat proposal yang fleksibel, silahkan baca panduannya di artikel tentang proposal profil perusahaan.

2. Presentasikan Dengan Berbagai Media untuk Meyakinkan Investor

Proposal yang diajukan biasanya harus Anda jelaskan pada pihak investor. Saat menjelaskan proposal ini, Anda bisa gunakan berbagai media untuk membantu Anda. Mulai dari Power Point sampai video dan demonstrasi sample produk tentu akan membuat impresi baik pada pihak investor.

3. Ajukan Trial Period dan Milestone

Walaupun memiliki proposal usaha yang menarik dan meyakinkan, banyak investor yang mencari bukti kongkrit. Dalam hal ini, Anda bisa mengajukan trial period dan milestone dalam proposal tersebut.

Trial period ini, Anda menerima dana dan mulai operasi usaha, tapi saat investor melihat bisnis Anda tidak berjalan sesuai rencana, mereka bisa tarik kembali modal mereka. Hal ini tentu memiliki resiko tersendiri, tapi daripada tidak memulai usaha sama sekali, opsinya tentu baik.

Untuk milestone sendiri, Anda membuat usaha dengan dana dari investor dan membuat target dalam jangka singkat yang harus dipenuhi. Target ini bisa berupa tingkat keuntungan, jumlah produksi dan lain – lain. Jika Anda tidak memenuhi milestone tersebut, Investor bisa mencabut dana yang mereka berikan.

4. Kuasai Materi yang Berhubungan dengan Proposal

Hal terakhir yang pastinya membuat pengajuan proposal sukses adalah kemampuan Anda dalam menguasai materi. Dalam hal ini, Anda tidak hanya menguasai apa yang ada di dalam proposal tapi juga segala sesuatu lain yang berhubungan.

Contoh saja situasi persaingan dengan usaha lain, pasar dan berita terakhir seputar dunia bisnis. Hal ini nantinya bisa membantu Anda menjawab pertanyaan investor dan bahkan membuat jawaban yang meyakinkan.

Itulah beberapa tips membuat proposal perusahaan yang menarik agar mendatangkan banyak investor.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image