Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hanif Khoti Annisa

Manfaat Proposal Bagi Pelaku Bisnis Baru

UMKM | Thursday, 30 Nov 2023, 14:03 WIB
Ilustrasi proposal bisnis (sumber:pixabay)

Proposal merupakan kerangka rencana usaha yang tersusun secara rinci dan sistematis dalam setiap lembaran untuk mendapat dukungan dari pihak lain. Bagi pelaku bisnis, proposal berguna dalam pengindentifikasian risiko untuk meminimalisir terjadinya risiko di masa depan.Para pelaku bisnis pada umumnya menyusun proposal ketika akan mengajukan tender, mencari modal tambahan pada bank dalam bentuk kredit hingga menarik investor sebagai pengembang usaha di kemudian hari.Manfaat Proposal bagi pelaku bisnis biasanya digunakan sebagai bahan yang terstruktur akan agenda kerja sama antar perusahaan. Selain itu, proposal bisnis memiliki manfaat yang tidak kalah pentingg seperti:

 

  1. Proposal bisnis menjadi landasan dibentuknya suatu bisnis yang menggambarkan rancangan binis.
  2. Proposal menjadi tolok ukur perusahaan untuk menguji angka keberhasilan dalam menghadapi persaingan hingga sebagai analisis finansial suatu perusahaan.
  3. Proposal dimanfaatkan bagi pelaku bisnis untuk memberikan informasi potensi pasar, kinerja perusahaan, dan antisipasi ketika risiko terjadi.
  4. Proposal juga memberikan prospek dan ilustrasi rencana bisnis hingga pengembangan mulai dari target sampai finansial dalam usaha.

Ketika sudah mengetahui seberapa besar manfaat proposal bagi pelaku bisnis, maka selanjutnya juga harus mengerti bagaimana penyusunan proposal yang baik. Bagi pebisnis kelangsungan bisnis bisa diperoleh dari kelayakan proposal yang telah disusun. Adapun beberapa unsur yang harus diperhatikan dalam penyusunan proposal antara lain:

 

  1. Proposal harus memiliki prospektif yang bagus serta kreativitas dan inovasi harus digambarkan secara rinci.
  2. Penyusunan proposal harus mengetahui segmen-segmen dalam pemasaran dan memikirkan poin yang membuat perusahaan terlihat lebih unggul dibanding kompetitor.
  3. Penyusunan proposal juga harus memiliki basic manajemen yang berkualitas.
  4. Penyusunan proposal harus menggambarkan presentase produk akan terjual dalam pemasaran sehingga investor akan tertarik dalam menanamkan modal karena proyeksi laba akan terlihat.

Itulah beberapa manfaat proposal bagi sebuah usaha. Dengan memperhatikan unsur penting dalam proposal akan memungkinkan seorang pebisnis mampu mengembangkan usahanya dengan baik.

(Penulis: Hanif Khoti Annisa-Mahasiswa Manajemen Universitas Pamulang)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image