Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Arbanur Orbita

Game Education Cara Memotivasi PJJ

Eduaksi | Wednesday, 25 Aug 2021, 22:11 WIB
Source : dokumen pribadi

Sudah 1,5 tahun pandemi hidup bersama kita. Pembelajaran yang biasa dilakukan secara tatap muka beralih menjadi daring atau di dalam jaringan. Pada mulanya banyak kendala dalam pembelajaran daring tetapi seiring berjalannya waktu semua serasa terbiasa. Gurupun sudah bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Banyak aplikasi yang mudah dipelajari dan digunakan. Pemerintah dalam hal ini KEMENDIKBUD juga banyak membantu dengan akun belajar.id. Orang tua yang selama ini merasa kewalahan, sekarang mulai bisa menerima dan tahu cara mengajar putra-putrinya. Pandemi ini juga membuat peserta didik menjadi lebih mandiri dan belajar bertanggung jawab. Hal ini bisa dilihat pada peserta didik yang kedua orangtuanya bekerja sehingga tidak bisa memantau pembelajaran anak dirumah.

Selama pandemi sudah 3 kelas berbeda saya ajarkan. Berbagai cara dilakukan dan aplikasi apapun yang berguna bagi peserta didik saya pelajari lalu saya praktekkan. Semua dilakukan agar transfer ilmu kepada peserta didik lebih mudah diterima dan tidak membosankan. Membuat anak-anak untuk selalu on fire setiap hari memang tidak mudah apalagi kali ini kelas yang saya pegang adalah kelas rendah yang tahun kemarin Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)nya hanya menggunakan Whatsapp (WA) group.

Mulanya memang agak sulit untuk memulainya. Untuk membuat akun email saja orang tua harus diberi bimbingan. Di hari Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) menggadakan Google meet saja mendapat penolakan. Tetapi kita tidak boleh menyerah dengan keadaan, dengan memberi pengertian kepada orang tua siswa, akhirnya mereka bisa menerima. Selama yang dilakukan untuk kebaikan anak-anak semua tidak ada yang salah. Kini kerjasama dan semangat orang tua peserta didik semua bisa dilalui. Pembelajaran dilakukan melalui Google Classroom (GCR) dan WA group. Materi pembelajaran di berikan sesuai program semester melalui video yang dibuat guru sendiri. Video dan tugas di share via GCR

Setiap pagi pukul 06.20 saya mulai menyapa peserta didik melalui group PJJ. Memberikan kata-kata motivasi agar mereka tetap bangun pagi layaknya bersiap sekolah bila tatap muka. Memberikan list di WA siapa yang sudah siap belajar. Memotivasi anak untuk selalu bersemangat belajar dan tetap bangun pagi, sholat dan sarapan. Kadang saya memberikan mereka lagu anak-anak atau sebuah pantun. Hal yang tak kalah penting adalah selalu memberi pujian atas segala usaha yang mereka lakukan. Pukul 07.30 anak-anak mulai masuk classroom dan mulai menyimak serta mengerjakan tugas. Saya tetap standby di WA group PJJ, untuk membantu anak-anak yang kurang paham dengan materi pembelajaran atau anak-anak yang belajar sendiri di rumah.

Selama 1,5 bulan ini dari jumlah 28 siswa setiap harinya hanya beberapa anak saja yang tidak online. Mereka baru belajar dan mengerjakan tugas agak siangan. Semangat belajar anak-anak sangat besar dan rasa tanggung jawab mereka juga tinggi namun hal ini tidak bisa selamanya seperti ini. Namanya anak-anak masih naik turun sehingga saya harus memutar otak mencari cara menyemangati mereka.

Biasanya pada pukul 11.00 anak-anak sudah selesai mengerjakan tugas. Melalui WA saya langsung memberikan link Game Education dari aplikasi wordwall dan crossword labs. Dua aplikasi itu sangat seru di mainkan. Banyak variasi yang diberikan di wordwall, bisa membuat kuis, permainan pencocokan, roda acak, membuka kotak, menemukan kecocokan, mencari kata, teka-teki silang dan banyak lagi. Ada 18 permainan di wordwall. Untuk bisa masuk ke aplikasi tersebut kita harus sign up terlebih dulu. Kedua aplikasi ini tidak berbayar alias gratis. Anak-anak sangat suka permainan di sini.

Selain wordwall, crossword labs juga tak kalah seru. Permainan di aplikasi ini lebih mudah dibuat karena tidak perlu sign up kita langsung bisa membuatnya. Crossword merupakan permainan berupa teka-teki silang. Pertanyaannya bisa dibuat sesuai keinginan kita. Biasanya saya membuat pertanyaannya sesuai materi hari ini. Sehingga anak-anak yang memang mengerjakan tugas akan mudah menjawabnya. Ini juga untuk membantu anak-anak menguasai materi.

Pukul 12.00 wib pembelajaran saya tutup dan memberikan list nama anak-anak yang tepat dan cepat menjawab quizz. Anak-anak selalu menunggu momen mengerjakan quizz ini, setiap hari mereka menanyakan “Apa ada quiz hari ini, Bu?”

@rbie

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image