Mahasiswa KKN IPB University Memberikan Edukasi Strategi Pemasaran ke Warga

Image
DeTe BaNe
Bisnis | Sunday, 15 Aug 2021, 07:03 WIB

BOYOLALI Mahasiswa KKN Tematik IPB University di Desa Pentur Kecamatan Simo memberikan edukasi strategi pemasaran melalui penggunaan platform media sosial, dan membuat hangtag "TurbooCraft" produk kerajinan bambu khas Desa Pentur, Rabu (11/08)

Para pelaku usaha home industry Desa Pentur mengalami kesulitan dalam penjualan atau pemasaran produk kerajinan tangan. Desa Pentur memiliki potensi home industry yang baik berupa kerajinan tangan yang dapat dikembangkan lebih luas. Pengembangan usaha perlu memiliki suatu strategi pemasaran yang jitu dalam memasarkan produknya, karena strategi pemasaran merupakan alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai tujuan perusahaan. Salah satu usaha yang dilakukan sebagai strategi meningkatkan pemasaran adalah memberikan pengemasan yang lebih modern sehingga menarik daya beli masyarakat serta memperluas sektor penjualan melalui sosial media.

Hania Nurul Laili, salah satu mahasiswa yang tergabung dalam tim KKN Tematik Boyolali Kab. 01 mengatakan Banyak lapisan masyarakat yang sehari-hari menggunakan produk kerajinan bambu, namun mereka tidak menyadari bahwa produk tersebut adalah buatan masyarakat setempat. Dengan adanya metode pemasaran melalui sosial media, serta pemberian hangtag pada produk-produk kerajinan bambu khas desa pentur, dapat memudahkan masyarakat untuk mengenal Desa Pentur sebagai penghasil produk kerajinan bambu.

Bersama dengan 2 rekan timnya, Hania membuat hangtag Turboocraft. Nama TurbooCraft singkatan dari Pentur Bamboo Craft yang artinya Kerajinan Bambu dari Desa Pentur. Hangtag TurbooCraft tersebut kemudian dibagikan kepada masyarakat dusun Ringin Anom, sekaligus sosialisasi penggunaan platform media sosial pada Rabu (10/08). Masyarakat sangat tertarik dengan metode yang disampaikan karena terdapat strategi penjualan yang belum pernah diterapkan.

Dengan adanya pemberian hangtag dan sosialisasi ini, masyarakat mampu termotivasi untuk meningkatkan kualitas produk kerajinan bambu yang dibuat serta produk kerajinan bambu khas desa pentur dapat dikenal di masyarakat umum. , ujar Hania

Sebagai tindak lanjut dari program ini, Hania bekerja sama dengan Karang Taruna dusun Ringin Anom untuk mendampingi masyarakat hingga mampu menggunaan platform sosial media secara mandiri.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Menangisi Kehilangan, Ihwal Manusia yang Posesif

Image

Tokoh-Tokoh Ahlusunnah wal Jama'ah

Image

Sejarah Terbunuhnya Husain bin Ali

Image

Mengenal Konsep Syiah Imamiyah dan Perkembangannya di Indonesia

Image

Kamu Harus Tahu, Ini Cara Mudah Menghapus Follower TikTok yang Menyebalkan

Image

Proses Konversi Golongan Syiah dan Khawarij

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image