Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image ali muthi

Lakukan Penanaman 2000 Bibit Pohon, Mahasiswa KKN-T IPB 2021 Gandeng 4 Kelompok KKN-T Universitas La

Eduaksi | Tuesday, 10 Aug 2021, 12:24 WIB

Menjadi agenda tahunan setiap perguruan tinggi, Kuliah Kerja Nyata – Tematik (KKN-T) menjadi salah satu kesempatan mengembangkan inovasi dan kreativitas mahasiswa yang tersusun dalam program kerja sesuai dengan kondisi lokasi mitra. IPB University merupakan salah satu kampus yang aktif melaksanakan KKN-T dengan ketentuan yang berlaku, baik secara online maupun offline.

Merespon permasalahan di desa mitra; Desa Belik, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, berupa krisis air yang disebabkan alih fungsi lahan menjadi perkebunan nanas, Tim KKN-T IPB Pemalang Kab-02 distribusikan 2000 bibit pohon, yang berasal dari Persemaian Permanen Baros, Brebes, ke empat dukuh di Desa Belik, yaitu Dukuh Rimpak, Dukuh Tengah, Dukuh Tepus dan Dukuh Buluh, yang terdiri dari 200 bibit pohon trembesi, 600 bibit pohon jambu biji, 600 bibit pohon nangka, dan 600 bibit pohon sirsak.

“Dengan adanya program ini, masyarakat menerima dan mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk ke depannya, dikarenakan air di Desa Belik debitnya sudah kecil sekali,” ujar Sukri, Kepala Dukuh Rimpak, menyampaikan antusiasme masyarakat dan pemerintah desa.

Kegiatan dilanjutkan dengan penanaman di sumber air Lengsar, Minggu (8/8), yang dihadiri oleh berbagai kalangan, seperti pemerintah desa, perwakilan Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pekalongan Timur, perwakilan Komando Rayon Militer setempat, kelompok tani setempat, Organisasi Pecinta Alam Shabawana; yang menyumbangkan sejumlah bibit dengan jenis karet kerbau dan beringin, serta turut menggandeng empat kelompok KKN-T dari Universitas Jendral Soedirman, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Pancasakti Tegal (UPS), dan Universitas Islam Negeri (UIN) Prof. KH. Saifuddin Zuhri.

“Kita kan dari berbagai universitas, jadi bisa nambah relasi, dan tentu saja wawasan baru bagaimana sih caranya menanam, karena kami kuliah tidak ada kegiatan di lapangan seperti ini,” ungkap Nikmatusholekha, mahasiswa UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri.

Nikmah mengaku senang dapat mengikuti realisasi program kerja penanaman dari Tim IPB, dan berharap bibit yang sudah ditanam dapat tumbuh dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Yanuar Syahru Ramadhan, Mahasiswa UPS, mengatakan bahwa program ini sudah berjalan baik. Selain karena adanya krisis air, penanaman memang perlu dilakukan. “Kami berterima kasih kepada Mahasiswa IPB sudah mengajak kami berkolaborasi,” tutupnya.

Penulis: Farah Diba Aulia

Foto: Dokumentasi pribadi

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image