3 Hal Yang Dilakukan Jika Sahabat Berselingkuh dengan Teman Sekantor

Image
RISNAWATI RIDWAN
Eduaksi | Monday, 09 Aug 2021, 16:16 WIB

Tertarik pada rekan kerja di kantor adalah hal biasa. Akan menjadi salah ketika berlanjut menjalin hubungan perselingkuhan. Melakukan perselingkuhan bukanlah tindakan yang dapat dibenarkan bagaimanapun kondisinya. Pertimbangkanlah hal-hal yang dapat terjadi nantinya. Jika seorang teman menunjukkan perilaku akan berselingkuh dengan teman sekantor, tentunya kita dapat mencegah hal tersebut. Walaupun efek terburuknya adalah kita dimusuhin karena jika berbicara cinta maka banyak batas tipis yang menjadi rusak.

Dalam beberapa peristiwa perselingkuhan dengan teman sekantor, banyak kejadian sahabat di kantor menjadi tempat curhat. Jika menemukan situasi tersebut tentunya sebagai sahabat akan merasa dilema. Tentunya jika sahabat juga orang yang mempunyai pikiran yang lurus, artinya tidak mendukung penyelewengan yang terjadi. Akan lain ceritanya jika sahabat yang menjadi makcomblang dari perselingkuhan itu sendiri.

Sahabat yang baik harus mempertimbangkan hal-hal yang dapat mencegah terjadinya perselingkuhan dengan teman sekantor. Perselingkuhan dalam konteks disini adalah masing-masing atau salah satu dari pelakunya telah mempunyai pasangan baik itu resmi atau belum. Jika telah mempunyai pasangan resmi, peran sahabat menjadi lebih berat untuk mencegah terjadinya perselingkuhan. Jangan sampai niatnya membantu, tapi akhirnya justru memperkeruh suasana. Posisikan diri sebagai sahabat, bukan detektif. Orang yang peduli adalah orang yang hadir ketika seseorang sedang dalam masalah, membantu membukakan pikiran dan alternatifnya, bukan membuat pusing dengan banyaknya informasi negatif yang akhirnya menumpuk emosi.

Beberapa hal yang akan dihadapi dan harus dilakukan jika merasakan sahabatnya telah bertingkah akan berselingkuh dengan teman sekantor, antara lain

1# Pastikan sahabatnya belum berpasangan resmi

Dalam konteks berpasangan resmi ini maksudnya si sahabat belum menikah. Tetapi bukan berarti jika sang sahabat masih berpacaran kemudian dia boleh berselingkuh dengan teman sekantor. Dalam dunia perselingkuhan, pasangan yang telah menikah berselingkuh mempunyai kesalahan dua kali lipat dibandingkan dengan single. Selain itu status single lebih mudah untuk diberikan nasehat dibandingan yang telah menikah. Tetapi efek dari sebuah perselingkuhan sama besarnya diantara dua status tersebut.

2# Sebagai informan

Sahabat juga harus memikirkan situasinya sebagai informan. Dia menjadi sasaran orang lain untuk ditanyai Sebagai sahabat tentunya sudah mengenal keluarganya, mengenal pacar bahkan bisa jadi mengenal keluarga besarnya. Sahabat juga akan menjadi sasaran boss di kantor sebagai tempat klarifikasi jika informasi perselingkuhan telah merambah ranah publik.

Disini peran sahabat juga dituntut untuk hati-hati dalam memberikan informasi. Bahkan informasi yang salah akan menghasilkan tuduhan kepada sahabat sebagai tersangka seperti makcomblang perselingkuhan. Tentunya hal ini sangat tidak diinginkan oleh siapapun.

3# Butuh strategi

Dalam menasehati sahabat yang “menuju perselingkuhan” membutuhkan strategi sehingga persahabatan tidak menjadi permusuhan. Sahabat bisa memberikan nasehat atau pandangan plus minus jika berhubungan dengan suami/istri orang yang kebetulan teman sekantor. Strategi ini tentunya seperti tidak bergossip di belakang sahabat, menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh sahabat. Karena sebagai sahabat kita mempunyai level bahasa tersendiri yang biasa digunakan. Tidak menghakimi sahabat adalah salah satu cara agar dapat terhindar dari virus perselingkuhan.

Bahkan dampak profesional juga akan dihadapi karena perselingkuhan terjadi dalam ranah profesional. Bukan tidak mungkin, jika perselingkuhan sampai mempengaruhi kinerja dan profesionalitas dalam beraktifitas di kantor, dapat berakibat dipindahkannya lokasi kerja sampai dengan pemutusan hubungan kerja.

Oleh karena itu, mempunyai sahabat yang menuju perselingkuhan atau sedang mengalami fase perselingkuhan harus mampu mencegah perpanjangan waktu perselingkuhan itu sendiri. Orang yang sedang jatuh cinta biasanya akan menutup mata dan telinga termasuk dengan sahabatnya sendiri. Membutuhkan softskill tertentu agar persahabatan tetap berjalan namun perselingkuhan dapat dihindari bahkan diputuskan.

Sumber Foto : https://www.google.com/search?q=gambar+selingkuh&rlz=1C1CHBD_enID895ID895&sxsrf=ALeKk002-0jESR32Qfj7m-obE1J2arqXYg:1628497436805&tbm=isch&source=iu&ictx=1&fir=EFkjMupWlbJNjM%252CyjPsU_Z0U3qCbM%252C_&vet=1&usg=AI4_-kQa_PwTjqt8vROWtFKRs6iA7exG4A&sa=X&ved=2ahUKEwiGxvPZwaPyAhUJb30KHf2CA1cQ9QF6BAgEEAE&biw=1366&bih=568#imgrc=EFkjMupWlbJNjM

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Menulis adalah berbagi ilmu jariyah

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Menjaga Keharmonisan

Image

Persiapkan Mekanisme Layanan Kunjungan Tatap Muka, Kalapas Perempuan Palembang Gelar Rapat Internal

Image

Pentingnya Sastra Anak dalam Kecerdasan Bangsa

Image

Lapas Sekayu Bersama BIN Gelar Vaksinasi Dosis Tahap I, II, Booster untuk Ratusan WBP

Image

Kalapas Narkotika Muara Beliti hadiri Upacara Hari Bhayangkara ke 76 Tahun

Image

YouTube MP4 Download Jadi MP3 ke Galeri HP di Y2mate Langsung 1 Klik

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image