Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Cepiyah

Yuk Rayakan Hari Kucing Internasional

Gaya Hidup | Sunday, 08 Aug 2021, 17:44 WIB

Hari ini, 8 Agustus adalah hari yang ditunggu-tunggu bagi pecinta kucing di seluruh dunia. Ya, hari ini adalah Hari Kucing Internasional atau International Cat Day. Hari di mana para pencinta kucing dapat merayakan Hari Kucing Sedunia sebagai wujud rasa cinta dan kasih sayang mereka terhadap hewan peliharaan kesayangan Nabi ini.

Hari Kucing Sedunia atau International Cat Day berawal dari gagasan dan ide dari International Fund for Animal Welfare (IFAW) atau Dana Internasional untuk Kesejahteraan Hewan.

IFAW membuat perayaan Hari Kucing Sedunia ini pada tahun 2002. Artinya, International Cat Day ini mulai dirayakan pada tahun tersebut. Jadi ini adalah tahun ke 20 perayaan hari kucing dan terus dirayakan setiap tahunnya.

Tujuan IFAW menggagas International Cat Day adalah untuk meningkatkan kesadaran akan kucing dan belajar tentang berbagai cara untuk membantu dan melindungi mereka.

Beragam cara dapat kita lakukan untuk menumbuhkan rasa sayang kita kepada hewan yang menggemaskan ini.

Seperti yang dilakukan akun media sosial Catijah, melakukan kampanye Hari Kucing Internasional ini dengan tema "Kami Menyayangimu Tanpa Pandang Bulu". Karena tidak peduli kucing ras atau lokal, sebagai pecinta kucing kita tidak boleh membeda-bedakannya. Mereka juga ciptaan Allah yang mesti kita sayangi. Apalagi untuk kucing liar yang tidak berpemilik. Harapannya di hari ini mereka para kucing liar bisa merasakan sentuhan kasih sayang dari manusia.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk merayakan hari kucing ini, misalnya memberi makan kucing jalanan, mengajak bermain, memandikan kucing, atau sekedar berfoto bersama dan mengunggahkan ke sosial media. Dengan kampanye ini diharapkan tidak ada lagi kasus kekerasan terhadap hewan. Karena meyayangi hewan adalah perintah agama.

Rasulullah SAW bersabda,

"Orang-orang yang ada rasa Rahim akan dirahmati oleh Tuhan yang maha Rahman, yang memberikan berkat dan Mahatinggi. Sayangilah yang di bumi supaya kamu disayangi pula oleh yang di langit."

(Hadits Riwayat Imam Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi dan al Hakim dari Abdullah bin Umar)

Selamat Hari Kucing Internasional. Semoga kesejahteraan kucing-kucing di dunia khususnya di Indonesia ini dapat lebih baik lagi :)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image