Meningkatkan Ketahanan Pangan dengan Hidroponik oleh PMM UMM

Image
Bagus Adi
Eduaksi | Thursday, 05 Aug 2021, 13:30 WIB

Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) yang dilakukan oleh Mahasiswa UMM beranggotakan 5 orang dan dibimbing oleh ibu Cholidah SH MH

Program Mengabdi Masyarakat kelompok 24 gel 10 yang dibimbing oleh dosen Cholidah, SH., MH yang beranggotakan 5 mahasiswa di desa mulyoagung tepatnya pada masyarakat RT002 RW003 Dusun Jetis.

Program ini lakukan oleh mahasiswa dengan kegiatan budidaya tanaman dengan menggunakan metode hidroponik. Mahasiswa memilih metode ini karena perawatannya mudah dan juga tidak membutuhkan banyak lahan. Dan diharapkan masyarakat dapat meningkatkan ketahanan pangan dengan mudah melalui hidroponik ini.

Metode hidroponik yang digunakan yaitu menggabungkan system NFT ( Nutrient Flow Technique ) dan ( Deep Flow Technique ), adapun selain itu mahasiswa membuat system hidroponik sederhana dengan memanfaatkan botol botol bekas. Tujuan dengan membuat system hidroponik dengan berbagai model ialah guna masyarakat dapat belajar dan paham seperti apa saja system hidroponik dapat dibuat.

Selain itu mahasiswa mengajak masyarakat untuk budidaya tanaman toga, dan mengajak agar Kembali beraktivitas guna meningkatkan kekompakkan masyarakat sekitar. Pada kondisi pandemi seperti ini masyarakat sudah jarang berkativias diluar , untuk itu mahasiswa Kembali mengajak aktivitas dengan mengajak olahraga bersama yang dapat dilakukan tiap minggu, namun tetap memerhatikan protokol Kesehatan.

Dengan adanya kegiatan ini mahasiswa berharap Masyarakat dapat mencontoh dan mulai membuat hidroponik sendiri pada lahan rumahnya guna meningkatkan ketahanan pangan dan meningkatkan kekompakan masyarakat sekitar

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Andai Pandemi Pergi ; Merdeka dari Covid 19

Image

Berani Berandai, Berani Menyemai

Image

Mengambil Momentum Pandemi untuk Kebangkitan Ekonomi

Image

Agar Kembali pada Saf-saf yang Sempat Ditinggalkan

Image

Menikmati Sembalun Dari Ketinggian

Image

Pahlawan Anticovid: 5M + 1B

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image