Media FlashCard

Image
Khairus Sakinah Chaeruddin
Eduaksi | Sunday, 01 Aug 2021, 07:53 WIB

Kartu adalah potongan dari beberapa kertas yang didalamnya dituliskan frase, kata atau kalimat pada setiap bagiannya. Dan kartu merupakan media efektif yang membantu dalam proses pembelajaran siswa, dan melalui kartu kegiatan belajar mengajar akan lebih efektifdan menarik.

media kartu yang dimaksud adalah kartu kecil yang berisi gambar, konsep, soal, atau tanda symbol yang mengingatkan siswa kepada sesuatu yang berhubungan dengan materi yang sedang dipelajari.

Media kartu dapat membantu guru dalam prosesbelajar bahasa arab. Pengembangan media kartu ini sebagai media instruksional pada mata pelajaran bahasa arab yang diharapkan dapat memberikan pengaruh yang positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, khususnya dalam peningkatan kemampuan siswa

Media kartu ini dapat dibuat dari kertas manila, namun juga dapat memanfaatkan kertas karton kemasanproduk tertentu seperti daur ulang map bekas, sampul buku tulis atau kertas tebal lainnya.

Selain itu media kartu atau flash cards dapat digunakan dengan cara yang rekreatif, misalnya pada saat proses belajar mengajar berlangsung, guru memberikan kesempatan pada siswa untuk mengamati kartu yang ditunjukkan satu persatu dan kemudian bagi siswa yang bisa menjawab boleh langsung mengambil kartu kartu tersebut

Dengan system permainan ini, akan bisa menciptakan suasana yang menyenangkan dalam mempelajari bahasa arab.

Adapun manfaat dari penggunaan kartu sebagai media pembelajaran diantaranya:

Siswa mendapatkan imajinasi dari apa yang dipelajari dengan bahasa yang mudah dan meyenangkan.

Mendorong siswa untuk memindahkan mata mereka dari halaman-halaman buku, sehingga membuat siswa lebih mudah berbicara dengan temannya.

Membantu dalam pembelajaran maharah al-istima, maharah al-kalam dan maharah al-qiroah dan memungkinkan guru mencapai satu kesatuan yang utuh antara ketrampilan ini dengan cara yang konstruktif (memperbaiki).

Merupakan alat bantu visual dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran lebih hidup dan menarik.

Kartu Permainan merupakan salah satu media kontekstual karena media ini secara tidak langsung dapat membawa peserta didik ke alam nyata dalam konteks pembelajaran.. Pesan yang tertera pada kartu permainan merupakan bentuk ungkapan secara verbal yang tertuang melalui potongan- potongan kertas. Media ini tergolong media yang murah meriah dan fleksibel. Karena hanya membutuhkan potongan karton atau kertas tebal dan pulpen/spidol. Dan dapat dibawakemana akan digunakan. Kartu Permainan ini beragam jenisnya.

dapat dikemukakan disini ada beberap jeniskartu permainan yang dapat digunakan dalam flash card yaitu:

1.Kartu pertanyaan dan jawaban (Bithoqah al As-ilah wa al-ijabah).

2.Kartu Penyempurna (Bithoqah al Takmilah).

3. Kartu Kosa kata (Bithoqah al mufradat)

Adapun Kelebihan dan Kekurangan Media Kartu sebagai berikut:

a) Kelebihan

Mudah diperoleh

Dapat digunakan langsung oleh para peserta didik

Dapat menarik perhatian lebih dari peserta didik

Membantu pendidik dalam menyampaikan materi dengan mudah dan cepat dipahami

Membuat metode mengajar akan lebih variasi

b) Kekurangan

- Tidak dapat menampilkan benda atau objek yang terlalu besar

- Ukuran kartu terlalu kecil untuk ditampilkan secara klasikal

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

semoga bermanfaat

PERKEMBANGAN BAHASA ARAB

SEJARAH ILMU NAHWU DAN PERKEMBANGANNYA

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

5 Cara Mudah Merawat Baterai Laptop

Image

Wallpaper Desktop

Image

Jangan gila, karena canda

Image

Indonesia Satu (Big) Data dan Hoax yang Meresahkan (Refleksi Hari Statistik Nasional)

Image

Aku Pahlawanmu

Image

Tak Ada Yang Lebih Tabah, Bijak Dan Arif Dari Pandemi Pergi

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image