Mau Investasi Saham Syariah? Berikut 3 Langkah Mudah Buka Akun Syariah

Image
Dhea Anggraini
Gaya Hidup | Thursday, 29 Jul 2021, 14:18 WIB

Investasi saham syariah hadir dengan daya tariknya yang mampu menyelaraskan kehidupan yang syariah sejalan dengan praktik pengelolaan keuangan berdasarkan nilai-nilai dalam agama Islam.

Investasi saham syariah pun menjadi berkah bagi kehidupan seseorang karena hidupnya makin syariah sesuai dengan ajaran agama Islam yang dianutnya. Gaya hidup pun menjadi syariah.

Selanjutnya, keberadaan sedikitnya 18 Sistem Online Trading Syariah (SOTS) milik anggota bursa (AB) memberi kemudahan bagi investor syariah dalam mentransaksikan saham-saham yang termasuk Daftar Efek Syariah (DES)

Apalagi, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menerbitkan Keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Nomor: Kep-33/D.04/2021 tentang Daftar Efek Syariah (DES) pada 23 Juli 2021 lalu yang berisi DES yang mulai berlaku efektif pada 1 Agustus 2021.

Efek syariah yang termuat dalam Daftar Efek Syariah dimaksud mencakup 443 saham emiten dan perusahaan publik, serta efek syariah lainnya. DES ini sudah bisa dijadikan panduan investasi bagi pihak pengguna Daftar Efek Syariah, seperti Manajer Investasi pengelola reksa dana syariah, asuransi syariah, dan investor yang mempunyai preferensi untuk berinvestasi pada efek syariah.

DES ini juga menjadi referensi bagi penyedia indeks syariah, seperti PT Bursa Efek Indonesia dalam menerbitkan Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI), Jakarta Islamic Index (JII), Jakarta Islamic Index 70 (JII 70) dan IDX-MES BUMN 17.

Bagi calon investor yang sudah tidak sabar lagi untuk menikmati beragam efek syariah tersebut maka tinggal memilih dan membuka akunnya di perusahaan sekuritas yang terbaik.

Nah, berhubung hingga saat ini belum ada satu pun SOTS yang menawarkan pembukaan rekening saham syariah secara full online maka dokumen fisik masih diperlukan untuk penyelesaian administrasinya.

Namun sebelum membuka akun syariah di salah satu sekuritas pilihan, ada baiknya menyiapkan beberapa dokumen seperti KTP/paspor, buku tabungan, NPWP (jika ada), meterai dan uang untuk setoran awal.

Nah, guna memudahkan praktik membuka akunnya, berikut ini 3 langkah mudah membuka akun syariah di salah satu sekuritas karya anak bangsa dengan tagline #SemuaBisaInvestasi bernama Indo Premier Sekuritas yang memiliki produk bernama IPOTSyariah khusus untuk investasi saham-saham syariah. IPOT Syariah adalah aplikasi online trading syariah pertama di Indonesia yang telah mendapat sertifikasi dari Dewan Syariah Nasional (DSN) dan dikhususkan untuk transaksi saham yang masuk dalam Daftar Efek Syariah (DES).

Berikut ini 3 langkah mudah buka akun syariah tersebut:

1. Buka website resmi Indo Permier di www.indopremier.com dan pilih Open an Account lalu pilih Manual Registration dan centang "Saya ingin membuka Account Syariah"

2. Isi data diri (alamat email dan no handphone), isi nama lengkap, nomor KTP, tempat & tanggal lahir, jenis kelamin, status pernikahan, dan alamat, isi data pekerjaan, penghasilan & asset, sumber dana, tujuan investasi, nama gadis ibu, hingga rekening bank serta buat username & password

3. Print berkas dan tanda tangan sesuai dengan KTP serta siapkan fotocopy KTP (untuk mahasiswa bisa KTP orang tua), copy buku tabungan atas nama pribadi (jika tidak ada buku tabungan bisa screenshoot mobile banking/e-banking yang tertera nama lengkap dan logo banknya), print foto selfie dengan pegang KTP (print out dikertas A4) dan selanjutnya dokumen dikirim ke Kantor Pusat PT Indo Premier Sekuritas di Jakarta.

Proses pembukaan akun investasi syariah berlangsung selama 2-3 hari kerja setelah dokumen diterima dengan lengkap oleh Indo Premier. Setelah berkas diterima maka calon investor baru akan dihubungi untuk verifikasi data oleh call center dan setelah verifikasi data maka investor tingga login di aplikasi IPOT dan menikmati saham-saham syariahnya.

.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

3 Prinsip Pengelolaan Reksa Dana Syariah

Seluk-Beluk Investasi Saham Syariah

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Cabaran Umat Islam

Image

BPKH Optimis Bersinergi dengan Lembaga Perbankan Syariah Menuju Kemashlahatan Umat

Image

Benarkah Dana Haji Habis Buat Infrastruktur?

Image

Mereka Yang Merugi Andai Pandemi Pergi

Image

Memori Yang di Rindukan Setelah Pandemi Berakhir

Image

Membantu Sesama dengan Menurunkan Gaya Hidup

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image