Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Suko Waspodo

Cara Bertahan dari Perubahan Konstan di Tempat Kerja

Eduaksi | Thursday, 05 May 2022, 22:04 WIB
image: PT

Itu datang ke keamanan psikologis.

Poin-Poin Penting

· Bekerja dari jarak jauh membuat sulit untuk berhenti bekerja setelah bekerja atau membagi pekerjaan kita menjadi hari kerja tradisional.

· Budaya keselamatan psikologis diperlukan bagi karyawan untuk menghindari kelelahan dan merasakan kepuasan dan kenikmatan.

Sebelum banyak dari kita pindah untuk bekerja dari rumah secara lebih teratur, literatur perilaku organisasi dan opini terkait bisnis yang populer berpusat pada pencapaian keseimbangan kehidupan kerja. Kata buzz baru adalah perpaduan kehidupan kerja atau integrasi kehidupan kerja. Bekerja dari jarak jauh, biasanya dari tempat tinggal kita, mempersulit kita untuk berhenti bekerja setelah bekerja atau membagi pekerjaan kita ke dalam hari kerja yang dulunya tradisional. Jika saya punya waktu lima menit sebelum rapat Zoom berikutnya, saya akan mencuci pakaian atau melakukan sedikit persiapan makan malam. Dan ketika saya bosan dengan serial streaming saya di malam hari, saya cenderung menggulir email kantor di sofa. Fleksibilitas yang diberikan oleh pekerjaan jarak jauh sangat berharga, tetapi perpaduannya terkadang terasa seperti pekerjaan yang konstan dan ada di mana-mana. Karyawan cenderung merasa lebih rentan dalam budaya yang selalu aktif ini, budaya yang selalu berubah dan beradaptasi.

Budaya keselamatan psikologis sekarang lebih dibutuhkan daripada sebelumnya bagi karyawan untuk menghindari kelelahan dan untuk merasakan kepuasan dan kenikmatan dari pekerjaan, apakah mereka bertujuan untuk keseimbangan atau perpaduan yang baik. Dalam budaya seperti itu, karyawan merasa bebas untuk mengungkapkan pikiran mereka, mengajukan pertanyaan, membuat kesalahan, dan belajar serta tumbuh dari kesalahan tersebut. Inovasi berkembang ketika orang merasa aman untuk bertanya, bereksperimen, dan belajar.

Apa yang dapat dilakukan pemimpin dan organisasi untuk membangun keamanan psikologis?

Bangun kepercayaan melalui konsistensi

Salah satu kontributor hilangnya kepercayaan dan meningkatnya sinisme adalah apa yang dikenal sebagai 'menggeser tiang gawang'. Saat kita berjuang untuk memenuhi tuntutan (baik di tempat kerja maupun di rumah), sangat penting bagi karyawan untuk memahami apa yang tercakup dalam tuntutan tersebut, untuk mengembangkan tujuan untuk memberikan dan memenuhi harapan, dan untuk merasakan kelegaan, kepuasan, dan kebanggaan saat itu tugas selesai dan diserahkan. Pergeseran tiang gawang terjadi ketika harapan dan tujuan yang disepakati diubah dan ditingkatkan untuk memasukkan lebih banyak pekerjaan atau harapan yang berbeda dari yang disepakati dan sering terlihat tepat saat tujuan akan dicapai atau disampaikan. Inkonsistensi ini dianggap sebagai ketidakadilan dan membuat usaha seseorang terasa sia-sia dan tidak dihargai.

Ketika organisasi dan industri mengalami periode perubahan yang intens dan transformasi yang berkelanjutan, karyawan dapat mulai merasakan tekanan ketidakpastian yang semakin besar. Tekanan ini, yang diperburuk oleh kebijakan organisasi yang buruk, dapat menyebabkan jumlah sinisme yang tinggi dan penarikan bertahap dari tugas kerja dan pekerjaan itu sendiri.

Mendorong pola pikir berkembang

Apakah Anda melihat kegagalan sebagai sesuatu yang memalukan, sesuatu yang mungkin Anda coba sembunyikan, atau sebagai kesempatan untuk belajar dan mencoba sesuatu yang lain? Perbedaan antara mindset tetap dan mindset berkembang adalah bagaimana kita menyerah atau move on saat menghadapi kegagalan.

Ketika individu, tim, dan seluruh organisasi berlatih dan menghargai pertumbuhan dan pembelajaran, ide-ide baru muncul dan orang-orang senang terlibat dengan pekerjaan dan kolega mereka. Berfokus pada potensi perubahan dan pertumbuhan, dibangun di atas keyakinan bahwa setiap sikap atau perilaku dapat diubah dan ditingkatkan, alih-alih tetap terpaku pada apa yang sudah atau selalu ada, memungkinkan orang untuk berkembang, mencoba hal baru, dan disegarkan bukan terbakar keluar dengan tantangan.

Bicaralah secara terbuka tentang perpaduan atau keseimbangan yang Anda perjuangkan

Jika Anda menganut campuran tersebut, diskusikan hal ini secara terbuka dengan tim Anda. Tempat kerja yang aman secara psikologis difasilitasi ketika karyawan, misalnya, memahami bahwa email yang masuk ke kotak masuk mereka pada pukul 2 pagi tidak perlu segera dijawab. Orang-orang akan merangkul fleksibilitas dengan cara yang berbeda, itulah yang dirancang untuk dilakukan oleh fleksibilitas; penting bahwa harapan dikomunikasikan dan dipahami dengan jelas.

***

Solo, Kamis, 5 Mei 2022. 9:57 pm

'salam hangat penuh cinta'

Suko Waspodo

suka idea

antologi puisi suko

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image