Pembelajaran Abad 21

Image
Muhammad Amirudin
Eduaksi | Monday, 26 Jul 2021, 18:40 WIB

Kondisi hidup sekarang sangat berbeda dengan kondisi saat kita masih kecil. Model pembelajaran seperti apa yang sesuai dengan kondisi saat ini?. Guru yang bagaimana yang dibutuhkan di abad 21 ini? Perubahan dunia secepat ini harus dimbangi dengan pendidikan yang tepat. Guru yang mengajar pengetahuan saja, akan tertinggal. Kita tidak cukup hanya membelajarkan ilmu pengetahuan saja. Kelak kreatifitas sangat dibutuhkan peserta didik. Ini tantangan abad 21, kata Imam Bukhari saat ZOOM meeting bersama guru Al-Qur'an Hadis MTs se-kabupaten Klaten.

Keterampilan apa yang dibutuhkan peserta didik di abad 21? Dua belas kecakapan yang perlu dikuasai siswa untuk sukses di abad 21:

Menurut penelitian ke 12 keterampilan akan bisa mengatasi permasalahan di abad 21.Berpikir kritis tidak mudah menerima informasi yang diterimanya. Selain berpikir kritis ia akan berpikir mendalam terhadap informasi yang diterimanya. Dua belas keterampilan ini dibentuk secara bersama-sama di masing-masing mata pelajaran baik mata pelajaran umum maupun Agama. Guru tidak terburu nafsu agar anak cepat paham.

Kemampuan berkomunikasi (tabligh). Kemampuan berkomunikasi ia mampu berkomunikasi tulisan dan lisan secara jelas dan akurat. Dia mampu menggunakan berbagai cara alat komunikasi. Akurat adalah benar secara konten, tepat pada waktunya dan pas ukurannya.Selain itu dalam komunikasi lisan diperlukan juga sikap untuk dapat mendengarkan, dan menghargai pendapat orang lain, selain pengetahuan terkait konten dan konteks pembicaraan.

Kreativitas adalah cara berpikir yang tidak biasa, ia selalu menemukan sudut pandang yang berbeda.Bersikap terbuka dan responsif terhadap perspektif baru dan berbeda. Mampu mengemukakan ide-ide kreatif secara konseptual dan praktikal. Menggunakan konsep-konsep atau pengetahuannya dalam situasi baru dan berbeda, baik Menggunakan kegagalan sebagai wahana pembelajaranalam mata pelajaran terkait, antar mata pelajaran, maupundalam persoalan kontekstual, Memiliki kemampuan dalam menciptakan kebaharuan berdasarkan pengetahuan awal yang dimiliki, Mampu beradaptasi dalam situasi baru dan memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan.

Kolaborasi (amanah) mempunyai ciri memiliki kemampuan dalam kerja sama berkelompok, Beradaptasi dalam berbagai peran dan tanggung jawab, bekerja secara produktif dengan yang lain, memiliki empati dan menghormati perspektif berbeda, mampu berkompromi dengan anggota yang lain dalam kelompok demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan. Semisal Gojek mampu mengkolaborasikan berbagai keterampilan yang dimilikinya. Banyak anak-anak kita yang pinter tapi tidak bisa bergaul.

Lantas sosok guru yang bagaimana yang diperlukan untuk mendampingi anak-anak menghadapi abad 21?

Guru seorang adaptor adalah guru yang mampu dalam mengajarkan kurikulum dengan cara yang imajinatif dan individual, mengadaptasi perangkat lunak dan perangkat keras yang dirancang untuk model bisnis, menjadi alat yang dapat digunakan oleh berbagai kelompok usia dan kemampuan, tanggap dan cekatan terhadap gangguan teknologi ketika proses pembelajaran, beradaptasi dengan pengalaman mengajar yang dinamis, harus memahami karakteristik belajar murid dan menerapkan gaya belajar yang berbeda, menggunakan multi metode dan pendekatan.

Guru seorang visioner adalah guru yang mampu melihat potensi pembelajaran yang ada, pertimbangkan untuk manipulasi alat dan teknologi yang tersedia, melihat ide-ide orang lain dan gambarkan bagaimana menggunakannya di kelas, mencari hubungan antardisiplin di seluruh kurikulum, memanfaatkan bidang lain untuk memperkuat pembelajaran sendiri dan murid.

Guru seorang kolaborator adalah meningkatkan dan pikat pelajar dengan memanfaatkan alat kolaboratif seperti : Blogger, Wikispaces, Pinterest, Facebook, Slideshare, Instagram, dll.

Guru adalah seorang pemimpin. Memimpin dengan memberikan contoh, menjalankan apa yang dikatakan, memberi arah yang jelas ke mana akan pergi, dan menetapkan tujuan dan sasaran yang jelas untuk keberhasilan suatu program.Arah Pendidikan Agama Islam yang di abad 21 adalah menjadiakan manusia sebagai ; Ibadullah dan khalifah fil ardl

Ditulis oleh :

Muhammad Amirudin (Guru MTsN 1 Klaten Fillial Jeblog)

Sumber : Hasil paparan materi Workshop Guru PAI MTs Jawa-Bali

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pemerhati Pendidikan

PEMBELAJARAN DI ERA PANDEMI

Kreativitas Peserta Didik di Masa Pandemi

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

PJJ, Pembelajaran Jarak Jauh atau Penugasan Jarak Jauh?

Image

Andai Pandemi Pergi : Patuh Untuk Sembuh

Image

Bila Covid -19 Berlalu, Kehidupan Akan Lebih Sibuk

Image

Andai Pandemi Pergi : Patuh Untuk Sembuh

Image

Andai Pandemi Pergi, Kita Belum Tentu Siap

Image

Andai Pandemi Pergi : Patuh Untuk Sembuh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image