PPKM Darurat Berakibat Ekonomi Macet

Image
Muhamad Tegar
Politik | Monday, 26 Jul 2021, 13:37 WIB

Pemerintah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM darurat sampai 25 Juli 2021. Perpanjangan dilakukan dengan tujuan agar kasus Covid-19 di Indonesia menurun.

Presiden Joko Widodo mengatakan, perpanjangan PPKM Darurat dilakukan setelah pemerintah mengevaluasi pelaksanaan PPKM Darurat yang dimulai pada 3 Juli 2021.

Sebelumnya, PPKM Darurat telah berlangsung selama dua pekan pada 3 sampai 20 Juli 2021. Kebijakan ini dilakukan setelah pandemi makin tidak terkendali dan kasusnya naik puluhan ribu dalam sehari.

Selama masa PPKM Darurat, pemerintah membatasi pergerakan dan mobilitas warga. Tak hanya itu, pemerintah juga menutup pusat-pusat perbelanjaan, kecuali outlet yang menjual bahan-bahan pokok dan obat-obatan. Pemerintah juga membatasi operasional tempat makan, baik restoran maupun warung pinggir jalan.

Kondisi tersebut membuat perekenomian masyarakat menurun drastis, khususnya para pelaku ekonomi kecil dan para pekerja informal yang sehari-hari mencari rezeki dari lalu lalang orang.

Kebijakan pembatasan yang dilakukan pemerintah saat ini membuat banyak pedagang yang bangkrut dan menjual barang berharganya untuk mencukupi kebutuhan sehari-harinya.

Masyarakat lapisan bawah menjadi kelompok yang paling berdampak dari kebijakan ini, khususnya pekerja sub-sistem dan masyarakat yang tak memiliki pekerjaan tetap. Padahal kelompok ini jumlahnya semakin membesar di Indonesia sejak pandemi datang ke Indonesia.

Para pedagang membuka lapak di depan pasar, diminta tutup kegiatan jual-beli nya oleh petugas karena melanggar aturan. Namun, para pedagang menolak dan terlibat cekcok dengan petugas.

bertahan hidup dan mencari makan menjadi salah satu alasan utama yang mengemuka terkait maraknya berbagai penolakan dan perlawanan warga.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

LITERASI DIGITAL DAN PERAN GURU SAAT PANDEMI

Image

Pagebluk dan Wajah Murung Pendidikan Indonesia

Image

Jangan Kau Beri Tahu Kepada Mereka

Image

Andai pandemi pergi, MAHASISWA KESEHATAN MEMBUTUHKAN PRAKTIKUM DI LAPANGAN BUKAN SEKADAR TEORI

Image

Enam Tip Memilih Reksa Dana Terbaik untuk Pemula, Nomor 2 Sering Disepelekan

Image

PANDEMI CORONA MEREDA SEMUA KEMBALI CERIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image