Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Amirudin

Kreativitas Peserta Didik di Masa Pandemi

Eduaksi | Friday, 23 Jul 2021, 18:25 WIB
Makanan olahan kreasi peserta didik

MASA PANDEMI TIDAK MENGHALANGI PESERTA DIDIK UNTUK BERKREATIFITAS

Kondisi pandemi covid-19 tidak menghalangi kreatifitas siswa dalam menghasilkan karya-karya yang indah pada mata pelajaran prakarya. Siswa memanfaatkan barang-barang tak terpakai yang ada di rumah untuk disulap menjadi produk yang bernilai dan layak jual. Inilah salah satu kelebihan mata pelajaran prakarya, selain mengasah kreatifitas, siswa juga berlatih untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan sejak dini.

Hasil karya siswa cukup beragam, mulai dari yang sederhana dengan bahan seadanya disekitar rumah sampai menghasilkan karya yang indah dan rumit dalam pengerjaannya. Bahan yang digunakan mulai dari tempurung kelapa, bambu, pelepah pisang, serat nanas dan benda-benda yang tak terpakai lainnya. Produk yang dihasilkan berupa asbak, tempat tisu, mobil-mobilan , cangkir dari bambu, tempat sampah, miniatur rumah dan masih banyak lagi.

Selain membuat kerajinan tangan siswa juga diajak untuk praktek memasak, ternyata para siswapun sangat antusias dalam membuat suatu makanan yang enak dan lezat dari bahan makanan yang berbeda. Kitapun bisa melihat hasilnya di video dan foto yang dikirimkan lewat WAG. Dengan melihat hasil yang mereka kirim kita bisa melihat para siswa dalam proses memasak mulai dari cara menggunakan alat-alat dapur , mengolah bahan makanan sampai selesai, bahkan dalam proses memasak juga terdapat suatu hal yang lucu dan tak sedikit anak untuk bekerjasama dengan orangtuanya. Dan hasilnyapun sangat memuaskan.

Meskipun di masa pandemi siswa tetap antusias dalam mengerjakan tugas praktek prakarya. Kondisi pandemipun juga tidak menyurutkan semangat siswa mengerjakan tugas praktek prakarya , mereka tetap mengerjakan di rumah masing-masing. Hasil karyanyapun bagus-bagus dan sangat kreatif. Potensi dan kreatifitas siswa ini harus dikembangkan karena akan bermanfaat bagi mereka di masa depan.

Penulis:

Muhammad Amirudin (Guru di MTsN 1 Klaten Fillial Jeblog)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image