Gelaran Ungkapan Ulang Tahun yang Bikin Tersenyum

Image
Slamet Samsoerizal
Curhat | Wednesday, 04 May 2022, 16:19 WIB

Mas Nakurat pernah berseloroh, saat anggota keluarganya berultah (bermilad) mau bikin ulah. Pasang baliho di sepanjang jalan protokol, semua jalan tol, runing text di sepanjang, ruko di mal, hingga ke pedesaan, laiknya para kandidat anggota Dewan atau calon Pilkades. Dengan foto berukuran besar, nanti dikata-katain:

"Selamat ultah sayangku. Jangan lupa selalu bahagia."

sumber: pngwing.com

Untung gagasan tersebut sebatas ide. Cari sensasi? Tidak juga. Cuma supaya asyik atas syukur kepada yang diulangtahuni.

Ucapan via Baliho dsb

Zaman berubah. Ungkapan bagi yang ulang tahun tidak hanya berupa ucapan selamat. Beberapa di antaranya memberikan kado fantastis, berupa: money cake dengan isi uang Rp 200 juta.

Inilah yang sempat viral lewat media sosial TikTok belumlama ini. Akun media sosial TikTok @titimelyana, beberapa kali mengunggah momen ulang tahunnya yang meriah. Dalam acara ulang tahunnya tersebut, ia mendapat hadiah berupa buket uang dan gunungan uang yang nilainya ditaksir mencapai Rp 200 juta.

Siapa pun yang kebetulan melintas di Perempatan Rejowinangun depan Kantor PLN saja, Perempatan Wirosaban dekat RSUD Wirosaban Kota Yogyakarta dan Perempatan Jejeran Jalan Imogiri Timur, Kabupaten Bantul, Yogyakarta pada November 2021, akan menjumpai baliho ucapan selamat ulang tahun dari seorang suami kepada istri tercintanya. Foto seorang wanita di dalam baliho itu tidak kalah menariknya dengan baliho seorang tokoh politik yang juga seorang wanita yang juga sempat viral dan menjadi gunjingan di media sosial. Tulisan yang terpampang dalam baliho tersebut.

“Selamat Ulang Tahun Bu Sarmintul. Dari suamimu Pak Sarmintul,”

sumber: indodekorasi.com

Pak Sarmintul yang nama aslinya: Veta Mandra. adalah bapak dari 3 putra dan beralamat di Kelurahan Jambidan, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Kesehariannya berprofesi sebagai pedagang mie ayam, dengan nama ‘Sarmintul’. Ada dua outlet di depan Stadion Sultan Agung dan Jalan Kemasan, Kotagede, Yogyakarta.

Veta mengaku sengaja memasang baliho tersebut untuk memberikan kejutan terhadap istrinya tercintanya. Ia ingin memberikan sesuatu yang spesial bagi wanita yang sangat dicintainya tersebut.

Pengalaman melintas pada 3 April 2022 di perempatan lampu merah Klenteng Sam Poo Kong Semarang Jawa Tengah, pun menjumpai baliho ucapan selamat ulang tahun yang ditujukan kepada seorang pria. Tidak jelas terbaca apakah itu dari istrinya, handai tolannya,istrinya, ataumantan pacarnya,atau pacarnya -- yg pasti ada tulisan selamat ulang tahun.


Berpantun juga Boleh

Apa yang bisa diucapkan saat siapa pun berulang tahun? Apa pun boleh diungkapkan,yang penting bisa bikin yang sedang bermilad jadi tersenyum. Misalnya:

(1) Bersyukurlah, karena kamu masih diberi umur

(2) Selamat berulang tahun, semoga kamu selalu ingat umur

(3) Setiap bermilad, kamu harus bersedekah agar tambah berkah.

Kamu juga bisa berpantun begini buat ayang tersayang:

Burung elang terbang ke pohon duku

matanya tampak sayu

Selamat ulang tahun sayangku

Pokoknya, nyong i lap yu

Ucapan yang perlu dihindari adalah penggunaan bahasa Inggris, disingkat pula - tanpa mengetahui artinya. Maksud hati mau mengucapkan HBD kepada sahabatnya, namun yang terketik di grup WhatsApp malah DBD.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Negeri Plastik

Minyak Goreng Masuk ke Kelas

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Ekspresikan Dengan Buku

Image

Menjadi Bangsa yang Terdidik

Image

Sepucuk Malam

Image

Mp3 Juice: Converter Paling Gampang 2022 Hanya Masukkan Link

Image

Peradaban Buku

Image

Waspada Saat Libur, Kalapas Kelas I Palembang Periksa Kesiapan Petugas Pengamanan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image