Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Faisal Abu Fayadh

Doa untuk yang Sakit yang dianjurkan RASULULLOH SAW

Info Terkini | Saturday, 17 Jul 2021, 19:47 WIB
Semoga Sehat selalu ya Gurunda...

Do'a Untuk yang terbaring Sakit yang dianjurkan RASULULLOH Shallallohu 'Alaihi Wa Sallam

Mendengar Berita Sakitnya Guru daripara Asatidz yang Sakit Yakni: Ustadzuna KH. Syuhada Bahri, Lc -Hafidzhahulloh Ta'ala- bahkan Kaum Muslimin lainnya Penulis (Abu Fayadh) menganjurkan Do'a Bagi Orang yang Sakit dan Bagaimana Do'a Do'a yang dianjurkan RASULULLOH Shallallohu 'Alaihi Wa Sallam tersebut yuk Kita Bahas.

Bahkan dahulu Nabi Muhammad Shallallohu 'Alaihi Wa Sallam seringkali menjenguk dan mendoakan sahabatnya yang sakit. Berikut beberapa lafaz doa yang dibaca Rasululloh shallallohu 'alaihi wa sallam;

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبْ الْبَاسَ اشْفِهِ وَأَنْتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

Allohumma rabbannaasi adzhibil ba’sa isyfihi wa antas syafi laa syifaa’a illa syifaauka syifaa’an laa yughadiru saqaman”

"Ya ALLOH Rabb manusia, dzat yang menghilangkan rasa sakit, sembuhkanlah sesungguhnya Engkau Dzat yang Maha menyembuhkan, tidak ada kesembuhan melainkan dari kesembuhan-Mu, yaitu kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit".(HR. Bukhari)

Kedua, Rasululloh shallallohu 'alaihi wa sallam pernah mendoakan Aisyah saat istrinya itu sakit dengan lafaz berikut:

امْسَحْ الْبَاسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِكَ الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إِلَّا أَنْتَ

Amsihil ba’sa rabbannaasi biyadikas syifaa’u laa kaasyifa lahu illa anta

"Hilangkanlah rasa sakit wahai Rabb manusia, di tangan-Mu lah segala kesembuhan, dan tidak ada yang dapat menyingkap penyakit tersebut melainkan Engkau". (HR. Bukhari Muslim)

Ketiga, saat menjenguk orang sakit, Rasululloh menganjurkan membaca Do'a berikut sebanyak 7 kali:

أَسْأَلُ الله الْعَظِيمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

As alullaahal 'azhiim rabbal 'arsyil 'azhiim an yasyfiyaka

“Aku mohon kepada Alloh yang Maha Agung, Tuhan Arsy yang Agung semoga Dia menyembuhkanmu”.

Ibnu Abbas menyatakan, Rasululloh shallallohu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa yang mengunjungi orang sakit yang belum datang ajalnya kemudian ia mengucapkan (Do'a) di sebelahnya sebanyak tujuh kali: As alullaahal 'azhiim rabbal 'arsyil 'azhiim an yasyfiyaka, maka Alloh akan menyembuhkannya dari penyakit tersebut. (HR. Abu Daud)

Keempat, ketika Rasululloh Shallallohu 'Alaihi Wa Sallam menjenguk orang sakit, beliau menghiburnya dengan menyatakan bahwa sakit bisa menjadi penggugur dosa. Sebagaimana doanya kepada seorang badui yang sedang demam:

لاَ بَأْسَ، طَهُورٌ إِنْ شَاءَ الله

Laa ba'sa thahur insyaa Alloh

“Tidak apa, semoga menjadi penghapus (dosa), jika Alloh menghendakinya”. (HR. Bukhari)

Kelima, Nabi pernah mendoakan sahabatnya dengan menyebut amal saleh yang pernah dilakukan orang sakit tersebut;

اللَّهُمَّ اشْفِ عَبْدَكَ يَنْكَأُ لَكَ عَدُوًّا وَيَمْشِي لَكَ إِلَى الصَّلَاةِ

Allohummasyfi 'abdaka yanka`u laka 'aduwwan au yamsyii laka ilas shalati

"Ya Alloh, sembuhkanlah hamba-Mu yang telah banyak melukai musuh-musuh-Mu dan berjalan untuk melaksanakan shalat untuk-Mu". (HR. Ahmad)

Keenam, Rasululloh pernah mendoakan sahabatnya, Salman dengan lafaz:

شَفَى اللَّهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي بَدْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

Syafakallohu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘aafaaka fii badanika wa jismika ilaa muddati ajalika

"Semoga Alloh menyembuhkan sakitmu, mengampuni dosamu, menyehatkan badanmu dan jasadmu hingga waktu ajalmu."

Ketujuh, Rasululloh Shalallohu' Alaihi Wa Sallam mendoakan Utsman bin Affan dengan doa:

بِسْمِ الله الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ، أُعِيذُكَ بِالله الأَحَدِ الصَّمَدِ الَّذِي لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفْوًا أَحَدٌ مِنْ شَرِّ مَا تَجِدُ

Bismillahirrahmaanirrahim, u’idzuka billah al-ahad ash-shamad alladzi lam yalid wa lam yuulad wa lam yakun lahu kufuwan ahad min syarri maa tajid

"Dengan menyebut nama Alloh yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, aku mendoakanmu dengan nama Alloh Yang Esa, Yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu, Yang tiada beranak dan tidak pula diperanakkan dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia, dari segala keburuka yang engkau temui".

Demikianlah beberapa Do'a yang pernah Nabi Muhammad shallallohu 'alaihi wa sallam ucapkan saat menjenguk sahabatnya yang sakit. Selain mendoakan kesembuhan, beliau juga mendo'akan ampunan dan menghibur sahabatnya yang sakit. Agar mereka tidak berkecil hati dan semakin yakin untuk menggapai kesembuhan. Semoga Bermanfaat, Barokallohu' fiikum

Maraji'/Referensi: *Disarikan dari Buku Doa Zikir & Ruqyah, Penulis Syaikh Dr. Said Ali Al-Qathani, Terbitan: Aqwam Jembatan Ilmu, Kitab Al-Adzkar An-Nawawiyah karya al-Imam Abi Zakariya Yahya bin Syaraf an-Nawawi, dllnya.*

Hasbunalloh wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir

Salam Ahadun Ahad ☝???? Allohu Akbar ✊ Isy Kariman Aw Mut Syahidan (Hidup Mulia atau Mati Syahid)

Babelan City, Kab. Bekasi, Jawa Barat, 17 Juli 2021 M

Alfaqir Ilalloh Azza Wa Jalla,

*Abu Fayadh Muhammad Faisal Al Jawy al-Bantani, S.Pd, M.MPd, M.Pd, I*

(Aktivis Pendidikan dan Kemanusiaan, Praktisi dan Pengamat PAUDNI/Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal dan Informal, Aktivis Anti Pemurtadan dan Aliran Sesat)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image