Mahasiswa PMM UMM Lakukan Pelabel Nama pada Tumbuhan diseluruh area SDN Bulukerto 01

Image
Egar Aldi
Eduaksi | Friday, 16 Jul 2021, 21:05 WIB

Batu Mahasiswa yang tergabung dalam Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kelompok 48 gelombang 8 lakukan pemberian label nama tumbuhan diseluruh area SD Negeri Bulukerto 01 Kota Batu. Pemberian label nama tersebut digunakan sebagai wujud untuk mengedukasi seluruh warga sekolah, tidak hanya para peserta didik tetapi juga para pendidik.

Setiap orang penting untuk mengetahui nama-nama tumbuhan disekitar sebagai pengetahuan umum. Disisi lain, Desa Bulukerto memiliki potensi sebagai daerah yang menjual berbagai tanaman. Sehingga, penting bagi pelajar untuk mengetahui tanaman yang ada disekitarnya sejak dini.

Dalam label penamaan tumbuhan tersebut, tidak hanya terdapat nama dari tumbuhan tersebut saja. Melainkan juga terdapat gambar tumbuhan tersebut, nama latin, nama lokal, simbol kelas dari tumbuhan tersebut (monokotil atau dikotil), jenis pencabangan daun (tunggal atau majemuk), jenis tulang daun (menyirip, mejari, sejajar, atau melengkung) dan sistem perakaran tumbuhan (tunggang atau serabut), ujar Nur Hadi Hidayat selaku penanggungjawab program kerja ini sekaligus menjadi koordinator kelompok 48 gelombang 8 PMM UMM.

Dengan ditambahnya fitur lain dalam label nama tersebut, diharapkan dapat menjadi media pembelajaran bagi siswa kelas 4 dalam Kompetensi Dasar (KD) 3.1 dan 4.1 tentang struktur tumbuhan, lanjut Nur Hadi Hidayat saat melakukan penyerahan secara resmi kepada pihak SD Negeri 01 Bulukerto. Pada saat ini sekolah masih dalam masa liburan akhir semester dan sekarang adalah waktu yang tepat untuk memberikan label nama pada tumbuhan. Hal tersebut dikarenakan ketika masuk nanti, siswa dapat mengamati dan mengidentifikasi tumbuhan secara langsung yang telah diberikan label. Pihak sekolah juga memberikan respon positif terhadap apa yang telah diberikan oleh mahasiswa yang sedang melakukan pengabdian ini.

Kami sangat berterima kasih atas apa yang telah diberikan kepada sekolah kami. Semoga apa yang diberikan kepada kami dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para civitas akademika SD Negeri 01 Bulukerto, kata Sukoyo yang juga menjabat sebagai Kepala SD Negeri 01 Bulukerto. Dengan diadakannya program kerja ini, para mahasiswa pengabdi berharap bahwa selain tingkat pengetahuan masyarakat sekolah bertambah, kepekaan terhadap alam sekitar juga bertambah, serta dapat dimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. (EAA)

Instagram: pmmummbulukerto || YouTube: PMM UMM BULUKERTO 8 48

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Ketahui 5 Manfaat SEO dalam Bisnis Online Berikut ini

Image

Maqashid Syariah dalam Ekonomi Islam

Image

Tafsir Al-Baqarah: Jalan Hidup Yang Mulia Dalam Perspektif Islam

Image

Menghargai Kehidupan

Image

KENTUT PANDEMI

Image

Hal Yang Harus Disyukuri Setelah Pandemi Pergi

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image