Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fenni Bungsu

Secuil Antara Hari Pendidikan Nasional dan Anak-anak

Curhat | Monday, 02 May 2022, 13:28 WIB

Tanggal 2 Mei, pasti tidak akan asing di telinga kita karena diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Ya, hari ini bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional juga 1 Syawal 1443 H atau Hari Raya Idul Fitri. Momen cantik yang tentunya, sehingga memberikan kesan mendalam.

Khusus untuk Lebaran, saya mengucapkan Selamat Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin, semoga amal ibadah kita selama di bulan Ramadhan diterima oleh ﷲ dan dapat bertemu kembali dengan Ramadhan berikutnya di tahun mendatang, aamiin.

Nah kita balik ke judul nih. Terkait dengan Hari Pendidikan Nasional, tak akan bisa lepas dengan anak-anak. Oleh karenanya, pada tanggal 23 Juli yang sudah sangat hapal oleh kita sebagai Hari Anak Nasional. Baik Hari Pendidikan Nasional maupun Hari Anak Nasional, kedua hari tersebut dapat dikatakan memiliki keterkaitan, karena menjadi peringatan penting akan menjaga dunia pendidikan yang lebih baik lagi dan tentunya memberikan efek positif bagi tumbuh dan kembang anak-anak.

dok. fennibungsu.com

Yups, sebab kaitan dunia pendidikan melibatkan peran anak-anak dan orangtua maupun orang dewasa serta lingkungan sehingga menciptakan energi positif yang berakhlakul karimah, misalnya dengan tidak melakukan kekerasan pada anak. Sebab kekerasan pada anak menjadi bahasan penting bagaimana kita melihat seperti saat ini banyak terjadi hal-hal yang meresahkan. Padahal anak-anak memiliki hak untuk dapat berkembang dengan kehidupan yang layak tanpa merasa resah. Belum lagi adanya kasus bullying yang kerap terjadi sehingga menimbulkan rasa minder pada diri.

Mungkinkah kejanggalan di atas akibat kekangan dari dalam rumahnya atau didikan orangtua dengan metode Helicopter Parenting, sehingga mereka dengan mudahnya berperilaku seperti itu? Oleh karenanya, perlu adanya perubahan ke arah yang lebih baik misalnya saja melalui komunikasi yang lebih intens dengan saling mendengarkan, bercengkerama bersama keluarga (We Time Bersama), dan bisa saja dengan melakukan hobi yang sama. Sebab tanpa adanya komunikasi tentunya kita tidak dapat saling mengetahui. Semoga di Hari Pendidikan Nasional ini anak-anak semakin berkembang dengan baik, terlindungi dari gangguan, dan bisa meraih pendidikan impiannya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image