Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Endar Julian

5 Jenis Bahan Perhiasan Selain Emas Dengan Ketahanan Karat yang Baik

Info Terkini | Monday, 02 May 2022, 12:56 WIB
Sumber gambar: pexels.com/Git-Stephen-Gitau

Emas adalah salah satu bahan yang sangat umum digunakan untuk pembuatan perhiasan hingga hari ini. Selain memiliki nilai yang cukup tinggi, emas sendiri adalah salah satu logam mulia (precious metal) yang memiliki ketahanan sangat baik terhadap karat.

Namun tahukah anda bahwa terdapat beberapa jenis bahan perhiasan lainnya yang memiliki ketahanan karat baik dan juga sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan perhiasan?

Pada artikel kali ini, saya akan mengajak anda untuk mengenal beberapa jenis bahan perhiasan dengan ketahanan karat baik tersebut. Langsung saja, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Jenis Bahan Perhiasan Tahan Karat Selain Emas

Melansir dari beberapa sumber terpercaya, disebutkan bahwa terdapat 5 jenis bahan perhiasan dengan ketahanan karat baik selain emas. Berikut adalah bahan yang dimaksud.

1. Perak

Bahan perhiasan dengan ketahanan karat baik yang pertama bernama perak. Dibandingkan dengan emas, harga dari perak ini terbilang lebih terjangkau. Logam ini sendiri memiliki karakteristik permukaan yang halus dan berkilau, sesuai dengan tingkat kualitasnya. Dalam pembuatan perhiasan, bahan perak murni (perak sterling) ini umumnya dipadukan dengan tembaga dan perak argentium yang memiliki sifat anti noda.

2. Tembaga

Jenis logam lainnya yang sering digunakan sebagai bahan baku perhiasan, selain emas adalah tembaga. Tembaga ini juga adalah jenis logam yang cukup ekonomis dibandingkan dengan emas. Tembaga sendiri termasuk salah satu jenis logam yang cocok sebagai pengganti emas dikarenakan memiliki ketahanan karat yang baik dan juga memiliki sifat lentur, sehingga lebih mudah untuk dibentuk.

3. Titanium

Titanium dapat dikatakan sebagai salah satu bahan perhiasan yang cukup populer hingga hari ini. Meskipun nilainya tidak setinggi emas, namun bahan ini memiliki ketahanan terhadap karat yang cukup baik (ketahanan korosi dengan densitas paling tinggi). Hal tersebutlah yang menjadikan banyak produsen perhiasan menggunakannya sebagai salah satu bahan pembuatan perhiasan, selain emas.

4. Rhodium

Selain titanium, jenis logam lainnya yang juga cukup terkenal digunakan sebagai bahan pembuatan perhiasan adalah Rhodium. Namun jika ditanya perihal rhodium dan titanium bagus mana.

Maka jawabannya adalah Rhodium terbilang jauh lebih unggul. Meskipun dapat dikatakan memiliki ketahanan karat yang sangat baik, namun tingkat ketahanan Titanium dapat rusak ketika lapisan oksida di permukaannya rusak atau tidak terbentuk.

Hal ini berbeda dengan Rhodium yang dari awal merupakan jenis precious metal (logam mulia), dimana lapisan oksidanya terbentuk dari permukaan hingga intinya.

5. Palladium

Jenis bahan baku perhiasan perhiasan selain emas lainnya adalah Palladium. Hari ini, Palladium menjadi salah satu alternatif paling populer untuk bahan baku perhiasan, selain emas. Salah satu keunggulan dari bahan ini adalah pada sifatnya yang anti pudar dan anti karat. Logam ini terbilang memiliki ketahanan terhadap karat yang baik dan juga warnanya tidak mudah pudar.

Selain itu, Palladium juga memiliki karakteristik yang mudah berpadu dengan logam lainnya. Sehingga menjadikannya sebagai salah satu bahan baku perhiasan terbaik setelah emas. Namun masalahnya, Palladium sendiri terbilang langkah, sehingga harga dari perhiasan berbahan ini umumnya cukup mahal.

Itulah beberapa deretan jenis bahan perhiasan dengan ketahanan karat baik yang juga sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan perhiasan, selain emas. Meskipun nilai dari logam yang disebutkan di atas mungkin lebih rendah dari emas, namun jika bicara dari sisi ketahanan karat, sejumlah bahan tersebut dapat dikatakan dapat bersaing.

Jika anda berencana membeli perhiasan, namun dengan budget minim, perhiasan dengan bahan di atas dapat menjadi opsi yang anda pertimbangkan. Semoga ulasan singkat ini bermanfaat untuk anda yang membacanya. Terima kasih.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image