Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ketua Redaksi

Jangan Terkecoh, Perhiasan Lapis Emas Berbeda dengan Perhiasan Emas

Gaya Hidup | Monday, 27 Dec 2021, 11:02 WIB
Source : Kompas.com

Siapa yang tak suka memakai perhiasan emas asli? Selain mempercantik diri, memakai perhiasan emas juga dapat meningkatkan nilai diri pemakainya.

Memakai perhiasan emas asli dapat membuat seseorang semakin percaya diri. Di sisi lain sebagai aksesoris untuk mempercantik diri, perhiasan emas asli bisa digunakan sebagai investasi.

Jika sudah bosan dengan modelnya, bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi jika harga emas sedang naik-naiknya. Bila ingin menjadikan perhiasan sebagai aset investasi, sebaiknya pertimbangkan matang-matang tempat membelinya dan harus toko emas yang terkenal dan kredibel.

Harga emas memang tidak murah, sehingga tak semua orang bisa dengan mudah membelinya. Makannya, banyak replika perhiasan yang mengklaim memberikan balutan emas yang dibanderol dengan harga murah.

Contohnya, perhiasan dengan material Cooper Alloy dilapisi dengan emas 18K. Perhiasan ini tidak bisa disebut sebagai perhiasan emas asli.

"Perhiasan dengan material Copper Alloy dengan emas 18 karat misalnya, tidak bisa disebut dengan perhiasan yang sama dengan perhiasan emas yang dijual di Semar Nusantara. Karena bahan material yang digunakan bukan emas, melainkan tembaga rhodium," jelas Agny, manager Semar Nusantara.

Agny menambahkan, jika perhiasan yang dijual di toko Semar Nusantara adalah perhiasan yang dibuat dengan bahan dasar emas asli. Memakai perhiasan emas, tak perlu membeli barang yang palsu dengan embel-embel balutan emas.

Sebab, di toko-toko perhiasan seperti Emas Nusantara pun memberikan harga yang berbeda-beda pada setiap perhiasan dan bisa dicek di Instagram @semarnusantara. Hal ini karena selain perbedaan kadar karat, desainnya pun bisa memengaruhi harga perhiasan.

Tak mengapa memakai perhiasan dengan kadar dan berat rendah, asalkan perhiasan tersebut asli dan tak menimbulkan alergi. Menurut Agny, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli perhiasan emas.

"Sebelum membeli perhiasan emas, perlu dipastikan perhiasan ini hanya sekadar untuk aksesoris atau investasi. Jika investasi, pilih gram dan karat yang tinggi. Dan yang tak kalah penting, beli di toko yang terpercaya," tuturnya.

Seperti yang dikatakan Agny, jika ingin menjadikan perhiasan sebagai investasi jangka panjang, sebaiknya beli emas dengan kadar karat yang tinggi. Sebab, semakin tinggi kadar karat, harganya pun semakin mahal.

Tak semua perhiasan yang berbalut emas bisa menjadi alat investasi karena harga yang dibayar pembeli tidak bisa dijual kembali. Sementara emas asli yang ada di toko emas seperti Semar Nusantara dapat dijual kembali, sehingga harga yang dibayarkan merupakan investasi.

Hal lain yang tak kalah penting adalah perhatikan tempat membeli perhiasan tersebut. Belilah di toko yang memiliki reputasi baik dan terpercaya. Toko emas Semar Nusantara sendiri telah berdiri sejak tahun 1969 dibawah naungan PT Kerja Gotama Bersaudara, usianya sudah lebih dari 50 tahun. Cabangnya pun sudah tersebar di sejumlah kota yakni Solo Raya, Klaten, Yogyakarta dan Semarang.

"Sedikit tips untuk yang ingin membeli perhiasan emas, dengan melihat perhitungannya. Sebaiknya membeli perhiasan emas dengan harga jual beli yang mengikuti pasaran. Karena jika naik harga, perhiasan juga ikut naik. Jadi peluang untung lebih besar. Dan sebaiknya beli emas yang isi atau tidak kopong, supaya tidak mudah rusak," tutup Agny.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image