Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Taufiq Sudjana

Nonton Bola sambil Mengingat Sejarah

Olahraga | Thursday, 08 Jul 2021, 22:48 WIB
Final Piala Eropa 2020 (Sumber: uefa.com)

Inggris melaju ke final menyusul Italia yang sudah menunggu di babak puncak Piala Eropa 2020. Inggris berhasil menaklukkan Denmark dengan skor 2-1. Sementara Italia menghempaskan Spanyol dari titik adu penalti dengan skor 4-2, setelah imbang sepanjang pertandingan.

Ada beberapa catatan yang menarik dalam perjalanan Inggris menuju puncak ajang turnamen sepakbola antar negara Eropa ini. Sedikitnya ada 3 peristiwa besar terkait sejarah Inggris.

Pertama, 8 Juli 2021 Inggris mengalahkan Denmark tepat di hari bangsa Viking mulai menjajah Inggris. 8 Juli 793, Bangsa Viking menyerang wilayah Notrumbria, Inggris bagian utara. Penyerangan terhadap biara di Lindisfarne ini disebut sebagai masa awal Viking menjajah tanah Inggris.

Kedua, sejarah perumusan peraturan sepakbola modern. Seperti kita tahu, sejarah sepakbola modern, berawal dari Inggris. 26 Oktober 1863, beberapa anggota tim sepak bola Inggris berkumpul untuk membuat serangkaian peraturan sepak bola. Hingga lahirlah apa yang kita kenal sebagai Laws of the Game. Inggris adalah negara yang menjadi tempat dirumuskannya peraturan tentang sepakbola. Sekaligus pembentukan Football Association (FA). Sebuah federasi sepakbola di Inggris yang hingga kini disebut sebagai organisasi sepakbola tertua di dunia.

Ketiga, Inggris merupakan negara pertama yang menyelenggarakan turnamen sepakbola modern. Mereka menggelar The Football Association Challenge Cup atau yang kita kenal Piala FA. Sekaligus menjadi kompetisi sepak bola tertua di dunia.

Baca ulasan lainnya di sini: Inggris Menang Tepat di Hari Penjajahan Viking atas Negerinya

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image