Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Misbah Fikrianto

Sosialisasi Program Literasi Membaca dan Menulis melalui Platform Berbasis Website

Eduaksi | Sunday, 04 Jul 2021, 23:11 WIB
Meningkatkan aktivitas membaca dan menulis merupakan sesuatu yang harus digerakkan terus menerus. Gagasan Perubahan strategi peningkatan literasi membaca dan menulis merupakan hal yang penting dan berkelanjutan. Pembahasan dan sosialisasi yang dilaksanakan pada tanggal 2 Juli 2021 secara daring, dihadiri oleh Plt Kepala Biro Komunikasi dan Kerja Sama (BKHM), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Bapak Ir. Hendarman, M,Sc, Ph.D, Direktur SEAMEO Qitep In Language (SEAQIL) Dr. Luh Anik Mayani, Penggagas Proyek Perubahan, Dr. Misbah Fikrianto, Kepala SMPN 208 Jakarta, Drs. Yuni Supangat, SH, Mahasiswa Magister Teknologi Pendidikan, Mahasiswa Pendamping Klub Literasi Sekolah, Guru, dan Siswa se-Indonesia, serta Staf SEAMEO Qitep In Language. Pada pembukaan, Direktur SEAQIL menyambuat baik atas sosialisasi Platform www.gemarbatu.id yang diprakarsai oleh Misbah Fikrianto. Secara berkelanjutan SEAQIL berkomitmen untuk meningkatkan literasi di Indonesia. Kegiatan ini memberikan penguatan dan masukan terhadap peningkatan literasi membaca dan menulis di Indonesia. Plt. Karo BKHM, Hendarman, Ph.D mengatakan dukungan dan apresiasi terhadap adanya platform ini. Platform ini merupakan terobosan inovatif yang dilakukan untuk mendorong aktivitas membaca dan menulis. Besar harapan kami, Platform ini mendorong keterlibatan Bapak/Ibu, Mahasiswa, dan komponen masyarakat dalam peningkatan aktivitas literasi. Beberapa waktu yang lalu, kami juga mendorong kegiatan Klub Literasi Sekolah. Pesannya bagaimana koneksi kebatinan dengan alumni Klub Literasi Sekolah terus terjalin dengan baik. Semoga dengan kegiatan ini, Klub Literasi Sekolah terus terbina dan dijalin komunikasinya. Misbah menjelaskan tujuan dibuatnya Platform ini merupakan inisiasi untuk memberikan wadah bagi stakeholder pendidikan untuk melakukan aktivitas membaca dan menulis. Komponen masyarakat dapat membaca dan menulis sesuai dengan kondisi yang benar ucap Misbah. Pada kondisi Pandemik COVID-19 diperlukan berbagai upaya untuk melakukan mitigasi learning loss sehingga aktivitas membaca dan menulis menjadi aktif. Platform ini diberikan kepada semua pihak dalam bidang pendidikan untuk berperan memberikan kontribusi untuk kemajuan literasi jelas Misbah.
Melihat data dari Bappenas, diperlukan kebijakan dan kerja sama semua pihak untuk meningkatkan literasi membaca dan menulis di Indonesia. Kita harus mengembangkan berbagai kegiatan untuk mendorong upaya semua pihak dalam literasi. Semoga kita semua mendorong peningkatan literasi di Indonesia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image